Tak Lolos Verifikasi, Ini Jawaban Partai SRI

Pendaftaran Partai SRI, pengusung Sri Mulyani
Sumber :
  • VIVAnews/Syahrul Ansyari

VIVAnews - Sebanyak 13 partai politik baru dinyatakan tidak lolos verifikasi oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Ke-13 partai baru itu tidak memperoleh status badan hukum. Termasuk Partai SRI yang mengusung Sri Mulyani menjadi calon presiden pada 2014.

Menanggapi hal ini, Ketua Bidang Politik dan Pendidikan Partai SRI, Rocky Gerung, mengatakan soal lolos tidaknya verifikasi itu adalah hal biasa. Namun, dia mengaku akan melakukan langkah politik.

"Kami terima itu, tapi kami akan melakukan langkah politik, tetap ada jalan lain. Kami akan lakukan plan B," kata Rocky saat dihubungi VIVAnews.com, Jumat 16 Desember 2011.

Namun, Rocky enggan mengatakan apa plan B tersebut. "Nggak bisa kami sebutkan, nanti dikerjain lagi," kata dia.

Seperti diketahui, Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana mengatakan, berdasarkan undang-undang partai politik, yang menjadi syarat utama bagi partai baru untuk lolos verifikasi adalah memiliki kepengurusan di seluruh provinsi atau 100 persen provinsi di Indonesia, 75 persen pengurus dari seluruh kabupaten, dan 50 persen dari kecamatan. Sementara itu, Partai SRI tak memenuhi kriteria tersebut.

Namun, Rocky membantah tudingan itu. Menurut dia, Partai SRI sudah memenuhi semua kriteria yang telah ditetapkan. "Justru kami sudah memenuhi kriteria itu semua, ya kami menduga ada 'transaksi' politik tingkat tinggi lah," tuturnya.

Meski demikian, kata Rocky, partainya tidak akan melakukan langkah-langkah hukum terkait adanya dugaan 'transaksi' tingkat tinggi tersebut. (art)

Gus Baha Ingatkan Semua Orang Agar Ingat Mati Tapi Tetap Semangat Hidup
Shin Tae-yong

Sikap Aneh Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-23 Hadapi Korea Selatan di Piala Asia

Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Korea Selatan pada babak 8 besar Piala Asia U-23. Pelatih Timnas Indonesia U-23 bersikap beda.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024