Demokrat Tolak Century Diaudit Auditor Asing

Menteri Negara Koperasi dan UKM Syarifuddin Hasan
Sumber :
  • Antara/ Puspa Perwitasari

VIVAnews - Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Syarif Hasan menyindir sejumlah legislator yang berkukuh meminta audit forensik Bank Century dilakukan auditor asing. Menurut Syarif, Badan Pemeriksa Keuangan merupakan lembaga auditor yang diakui negara. Pimpinan BPK juga dipilih melalui mekanisme uji kepatutan dan kelayakan di DPR.

"Audit internasional? Coba bayangkan saja, kalau negara ini dikasih ke lembaga internasional, apa jadinya negara ini," kata Syarif di Kantor Presiden, Selasa 3 Januari 2012.

Menurut Syarif yang Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah itu, BPK merupakan badan negara yang memang bertugas melaksanakan audit. "Yang mengangkat BPK itu siapa yang fit and proper test siapa," kata dia.

Menurut dia, memintakan auditor asing untuk mengaudit ulang aliran dana talangan ke Bank Century merupakan ide keliru selain menafikan BPK. "Jadi keliru, nggak perlu (auditor internasional). Sama kan, pemerintah nggak mau penilaian DPR, jadi panggil dulu parlemen dari luar negeri yang menilai, kalau itu pertanyaannya. Negara kita ya kita yang urus," ujarnya.

Syarif juga menyatakan pemerintah maupun Partai Demokrat tidak khawatir dengan kasus Bank Century. "Malah pemerintah, khususnya juga Partai Demokrat ya, kita menginginkan, dibuka, kan sekarang BPK sudah melakukan. Kawan-kawan masih ada yang tidak puas, ya tentu sampai kapanpun pasti tidak puas, karena yang mereka puas itu kalau ada dilaporkan ada aliran dana ke partai tertentu, ya kan," kata dia.

Syarif mempertanyakan logika para legislator itu. Menurutnya, kini terkesan mereka menyimpulkan dulu kemudian menafikan proses. "Jadi sampai kapanpun selama tidak ada kata-kata tertentu, mereka tidak akan puas, jadi ada politisasi, ada tendensius di sini, kesimpulan dulu baru proses. Ya sulit, ya kan."

Mestinya, kata Syarif, diproses dulu, lalu bagaimana keputusannya ditunggu. "Pemerintah mendorong, jangan ada kesimpulan dulu. Manakala ada kesimpulan dulu hasilnya tidak sesuai pasti dibilang tidak profesional," kata Syarif. (umi)

Pernah Dampingi Gibran ke Papua, Bahlil Bantah Tudingan Tak Netral
Striker Persik Kediri, Flavio Silva

Perburuan Top Skor Liga 1 Memanas! Flavio Silva Ancam David Da Silva

Perburuan top skor Liga 1 2023/24 memanas. Bomber Persib Bandung David Da Silva yang sebelumnya adem ayem di atas mendadak dapat pesaing. Ada Flavio Silva.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024