Anas Paling Banyak Diberitakan Negatif

Anas Urbaningrum datangi cikeas
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum menjadi calon presiden dalam Pilpres 2014 yang mendapatkan citra negatif terbesar di antara delapan tokoh nasional lainnya, yaitu Aburizal Bakrie, Ani Yudhoyono, Hatta Rajasa, Megawati Soekarnoputri, Prabowo Subianto, Sri Mulyani Indrawati, Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Surya Paloh. Anas mendapatkan perolehan angka mendekati empat persen.

"Pada masa rentang waktu 1 Januari-31 Desember 2011 relatif tidak banyak citra negatif yang menimpa sembilan tokoh kandidat capres 2014," kata Direktur Riset Developing Countries Studies Center (DCSC) Abdul Hakim.

Menhub Budi Karya: Tiga Pelabuhan di Lampung Disiapkan untuk Arus Balik Lebaran

"Citra artikel didominasi sentimen positif dan netral. Kandidat dengan citra negatif terbesar adalah Anas Urbaningrum," kata Hakim saat menggelar jumpa pers di kantornya, Rawamangun, Jakarta, Sabtu, 7 Januari 2011.

Meskipun demikian, Hakim menuturkan jika citra negatif memiliki porsi sangat kecil dibandingkan jumlah keseluruhan artikel masing-masing di surat kabar. Menurutnya, hal itu mengindikasikan bahwa sebagian besar pembicaraan tentang pemilu 2014 masih berada pada tataran normatif.

"Belum ada serangan atau konfrontasi terbuka di antara para tokoh kandidat capres 2014 sehingga diferensiasi di antara mereka belum dapat terlihat secara jelas dan tajam," ujarnya.

Hakim menilai situasi seperti itu bisa jadi dikarenakan pelaksanaan pemilihan presiden 2014 yang masih cukup lama. Sehingga mendorong para tokoh kandidat capres untuk lebih memfokuskan diri membangun popularitas dan citra positif di media massa daripada melakukan serangan atau konfrontasi terbuka kepada tokoh kandidat lain.

Dalam survei tersebut, DCSC menempatkan Ketua Umum Partai Amanat Nasional yang sekaligus Menko Perekonomian Hatta Rajasa dalam posisi teratas. Hatta mengalahkan delapan tokoh lain dalam hal porsi pemberitaan di tujuh surat kabar nasional.

Survei tersebut menggunakan teknik pengumpulan dengan mengumpulkan dan menganalisa semua artikel yang ada di tujuh surat kabar nasional tentang sembilan tokoh kandidat capres 2014. Waktu pengumpulan data dilakukan pada tanggal 1 Januari sampai dengan 31 Desember 2011 dengan menggunakan metode analisis isi tematik. Jumlah artikel yang dianalisis dalam rentang waktu itu sebanyak 7.476 artikel. (umi)

Siluet pria sedang berlari.

Deretan Ciri Satria Piningit yang Diramalkan Jayabaya

Apakah prediksi tentang Satria Piningit yang merupakan salah satu ramalan terkenal dari Prabu Jayabaya telah terbukti? Berikut deretan ciri Satria Piningit Jayabaya

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024