Demokrat: Hukum Bekerja Bukan Menurut Survei

Sumber :
  • Antara/ Yudhi Mahatma

VIVAnews - Ketua Departemen Penegakan Hukum Partai Demokrat Benny K Harman, mengapresiasi survei Lembaga Survei Indonesia terbaru yang memaparkan persepsi masyarakat terhadap penegakan hukum selama pemerintahan SBY sangat buruk. Menurut Ketua Komisi Hukum Dewan Perwakilan Rakyat itu, hasil survei itu sebuah masukan agar kinerja penegakan hukum ke depan dapat menjadi lebih baik.

"Itu masukan bagi pemerintahan SBY dan penegakan hukum," kata Benny. "Tapi saya ingatkan, penegak hukum itu bekerja menegakkan hukum seadil-adilnya menurut hukum bukan menurut persepsi. Itu refleksi, boleh saja," ujar Benny di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin 9 Januari 2012.

Menurut Benny, jika persepsi penegakan hukum yang buruk itu terkait proses hukum terhadap kasus Century, hal itu pandangan keliru karena proses hukum dilakukan berdasarkan fakta, bukan persepsi semata.

"Kalau tidak ada buktinya, tak bisa dipaksakan. Penegak hukum itu kan bekerja menurut kaidah hukum, bukan untuk menuruti persepsi," kata Benny. "Persepsi yang salah tak harus diikuti. Demokrasi kita menurut hukum, bukan menurut persepsi."

Menurut Benny, kinerja pemerintahan SBY dalam penegakan hukum sudah tepat. "Karena menyerahkan penegak hukum bekerja sesuai aturan hukum tanpa intervensi," kata Benny.

Lebih jauh, Benny meyakini hasil survei LSI tersebut tidak akan menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintahan SBY. "Bagi kami, bagi Demokrat, persepsi ini menjadi vitamin B complex. Ini untuk menambah energi, sebagai asupan energi baru di tahun 2012," kata Benny.

Oleh karena itu Benny mengharapkan, aparat penegak hukum dapat lebih meningkatkan kinerja lagi. "Lanjutkan penegakan hukum tanpa pandang bulu," kata Benny.

Ke depan, lanjut Benny, lembaga-lembaga penegak hukum diminta untuk meningkatkan kinerja membangun sistem pencegahan, khususnya di bidang korupsi. Khusus untuk kepolisian, Benny mengharapkan Kapolri dapat lebih gencar melaksanakan program reformasi kepolisian.

"Sebab masih banyak anggota polisi yang menggunakan pendekatan lama, menggunakan pendekatan keamanan. Masih banyak anggota polri yang jadi beking ilegal logging, ilegal mining, ilegal fishing," kata Benny. (eh)

Health Minister Ensures Hospitals Ready to Handle Dengue Patients
Prabowo Subianto

Kunjungan ke Luar Negeri, Prabowo Subianto Akan ke China dan Bertemu Xi Jinping

Menteri Pertahanan juga pemenang Pilpres 2024 Prabowo Subianto akan mengunjungi Beijing China, pada 31 Maret-2 April 2024. Prabowo dijadwalkan bertemu Presiden Xi Jinping

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024