Jadi Wantipmres, Ini Program Albert Hasibuan

Albert Hasibuan dan Presiden SBY
Sumber :
  • Rumgapres/Abror Rizki

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono resmi melantik Albert Hasibuan sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden bidang Hukum dan Hak Asasi Manusia. Mantan anggota Komnas HAM ini menggantikan posisi Jimly Asshiddiqie yang mundur.

"Segala sesuatu kan bisa partial, untuk kepentingan sendiri, tapi nasehat, pertimbangan itu saya berikan kepada presiden karena itu maka materi nasehat," kata Albert usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Selasa 10 Januari 2012.

Sebelum menjadi Wantimpres, Albert pernah menjabat sebagai anggota DPR dan MPR. Dia juga pernah menjadi ketua KPP HAM Trisakti, Semanggi I dan II. Selain itu, Albert juga adalah tokoh yang ikut melahirkan PAN.

Di bidang hukum, Albert menilai selama ini hukum tidak berlangsung dengan baik. Menurutnya, dia akan mencari penyebab kenapa rule of law tidak berjalan dengan baik.

"Kita perhatikan banyak masyarakat bawah, miskin, justru dihukum. Maka itu saya akan mempelajari untuk memberikan nasihat kepada Presiden agar bisa dilangsungkan secara baik rule of law ini," ujarnya.

Di bidang HAM, Albert pun sudah memiliki sejumlah nasihat. Menurutnya, sudah banyak terjadi pelanggaran HAM di masyarakat baik yang dilakukan aparat maupun masyarakat itu sendiri. "Saya akan jadikan masalah HAM sebagai catatan saya untuk kemudian saya berikan nasihat ke Presiden bagaimana masalah HAM bisa diselesaikan," ujarnya.

Albert pun yakin, persoalan HAM masa lalu dapat diselesaikan di akhir masa pemerintahan SBY. "Ada semacam beban sejarah yang belum kita selesaikan. Jadi saya merencanakan, kalau berhasil, masalah HAM pada masa lalu itu kita selesaikan," ujarnya. (sj)

Shell Indonesia Bakal Tutup Seluruh SPBU di Medan, Manajemen Ungkap Alasannya
Duel AS Roma vs AC Milan

5 Fakta Menarik AS Roma Usai Singkirkan AC Milan di Liga Europa

AS Roma berhasil menumbangkan AC Milan dengan skor 2-1 dalam Perempat Final Liga Europa leg kedua di Stadion Olimpico pada Jumat dini hari tadi, 19 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024