DPR: Jangan Sampai Partai Aceh Terpinggirkan

Atribut kampanye partai lokal Partai Aceh
Sumber :
  • Antara/ Ampelsa

VIVAnews – Wakil Ketua DPR dan Ketua Tim Pemantau Otonomi Khusus Aceh, Priyo Budi Santoso, menekankan pentingnya pemerintah merangkul semua pihak dan kekuatan politik di Aceh pada Pilkada Aceh yang rencananya digelar Februari 2012 mendatang.

“Kalangan yang belum diberi tempat, seperti Partai Aceh, harus diberi kesempatan ikut berpartisipasi dalam Pilkada Aceh dengan mengusung calon-calonnya. Kalau Partai Aceh merasa terpinggirkan, sudah tentu kami khawatir adanya eskalasi,” kata politisi Golkar itu di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis 12 Januari 2012.

Partai Aceh adalah salah satu partai yang belum sempat mendaftarkan diri sebagai peserta Pilkada Aceh. Partai Aceh adalah partai politik lokal di Aceh yang dahulu dikenal sebagai Gerakan Aceh Merdeka (GAM). Selain Partai Aceh, sejumlah partai lain yang belum mendaftar dalam Pilkada Aceh antara lain Golkar, PKS, dan PAN.

Priyo mengingatkan, jangan sampai Pilkada Aceh justru berbuntut masalah baru akibat tak semua kekuatan politik, baik parpol maupun independen, tidak terakomodir dalam pilkada tersebut.

Kubu Ganjar-Mahfud Tidak Terima Gugatannya ke MK Disebut Salah Sasaran oleh KPU

“Jangan sampai pilkada yang notabene merupakan pesta demokrasi, justru menggugurkan bangunan yang susah payak kita bangun, yaitu kedamaian Aceh,” tegas Priyo.

Saat ini, KPU sendiri telah menutup pendaftaran peserta Pilkada Aceh. Karena itu pula Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi menggugat keputusan KPU ke Mahkamah Konstitusi. Mendagri menilai KPU tidak memberi waktu yangcukup bagi partai-partai di Aceh untuk mendaftar menjadi peserta Pilkada.

Mendagri pun meminta KPU memperpanjang waktu pendaftaran dalam Pilkada Aceh. “Khusus Aceh, saya minta perlakuan khusus. Mudah-mudahan MK bisa membuka ruang untuk melakukan penjadwalan kembali atas proses Pemilukada di Aceh,” kata Mendagri.

Gugatan Mendagri itu mendapat dukungan dari Ketua Komisi II DPR Chaeruman Harahap. Ia yakin, pembukaan kembali pendaftaran peserta Pilkada Aceh tidak akan mengganggu keseluruhan proses pilkada yang sudah berjalan.

“Buka kesempatan bagi Partai Aceh dan yang lain untuk mendaftar. Semua calon harus bisa diakomodir. Khusus Aceh, ada dinamika yang harus dipahami,” tegas politisi Golkar itu.

Apabila semua kekuatan politik di Aceh terakomodir, Priyo yakin Pilkada Aceh akan berlangsung damai. “Karena yang menang dan yang kalah benar-benar pilihan murni rakyat Aceh,” kata dia.

Jokowi Ogah Komentari soal Sengketa Pemilu 2024 di MK

“Aceh harus kita rawat, karena Aceh adalah bagian tak terpisahkan dari RI. Partai Aceh pun kini sepaham dengan kita, bahwa Aceh adalah bagian dari NKRI,” Priyo menambahkan.

Untuk mencari solusi atas kemelut Pilkada di Aceh inilah, Tim Pemantau Otsus Aceh yang diketuai Priyo hari ini menggelar pertemuan dengan Menkopolhukam, Mendagri, Kapolri, Ketua BIN, KPU, dan Bawaslu.

“KPU, Bawaslu, sampai MK, kami serukan untuk mendekati Aceh dengan kebijaksanaan. Jangan hanya bicara teknis tata hukum yang kaku. Aceh adalah perlakuan khusus karena merupakan wilayah pascakonflik,” kata dia.

Yusril Sebut Gugatan 03 Buat Adegium 'Vox Populi Vox Dei' Kehilangan Makna
Ketua MK Suhartoyo, Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Momen Ketua MK Semprot Kuasa Hukum KPU yang Puji-puji Hasyim Asy'ari

Menurut kuasa hukum KPU, meski nama Hasyim Asyari disangkutpautkan dengan banyak dugaan pelanggaran tapi proses Pemilu 2024 tetap berjalan lancar.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024