Marwan Ja'far Menjawab Tuduhan Plagiat

Jusman Dalle bertemu Marwan Ja'far di Makassar
Sumber :
  • VIVAnews/ RHA

VIVAnews - Polemik dugaan plagiat yang dilakukan politikus Partai kebangkitan Bangsa (PKB), Marwan Ja'far, atas tulisan Jusman Dalle (JD) berakhir. “Perdamaian” kedua orang tersebut dilakukan dalam pertemuan di salah satu rumah makan di Jalan Sultan Alauddin, Makassar, Selasa, 17 Januari 2012.

Usai melakukan pertemuan sekitar satu jam, MJ dan JD kemudian duduk bersama dan melakukan konferensi pers. Menurut MJ, pertemuan tadi merupakan pertemuan silaturrahmi sekaligus klarifikasi yang menandakan kedua pihak sudah tidak ada masalah.

Pertemuan itu juga, bukan seolah-olah bahwa MJ telah melakukan permohonan maaf kepada JD karena melakukan plagiat. “Tidak ada permohonan maaf karena memang plagiarisme itu tidak terjadi,” kata MJ kepada wartawan.

Poin mendasar lainnya, kata MJ, bahwa tulisan opini yang dimuat di harian Koran Tempo bukan kesalahannya. Tapi kesalahan stafnya yang ingin memberi kontribusi tapi menggunakan nama MJ dalam tulisannya. Perbuatan itu menurut MJ merupakan hal yang baik namun salah karena tanpa konfirmasi dalam tulisan.

“Sebetulnya itu adalah kecerobohan staf saya. Kapan dikirimnya pun saya tidak tahu. Jadi meskipun nama saya, tapi bukan saya,” ujar MJ lagi.

MJ menambahkan, staf bernama Sugiono tersebut memang selama ini sangat berperan dalam hal teknis. Namun akibat kecerobohan tersebut, Sugiono yang sehari-hari menemaninya itu terkena sanksi dari MJ. “Dia sementara resign,” katanya.

Terkait dengan polemik plagiarisme tersebut, ia berharap agar kasus serupa tidak terjadi lagi dan lebih berhati-hati. 

Sementara itu, JD yang mempersoalkan tulisan MJ sudah tidak berkomentar banyak soal polemik tersebut. Ia mengaku terkejut dengan kedatangan MJ yang berjiwa besar menemuinya dalam konteks silaturahmi.

Ia juga mengatakan bahwa kasus soal tuduhan plagiat merupakan pembelajaran moral dalam hari-hari mendatang. Kasus tersebut ia nilai sudah selesai dan tidak ada masalah lagi bahkan ia merasa beruntung dengan kasus tersebut.

“Kasus ini cukup memiliki hikmah luar biasa karena saya bisa kenal dengan Pak Marwan Ja'far, dan mudah-mudahan bisa lebih bersinergi untuk memajukan bangsa kedepan,” kata pengurus pusat Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia ini.

Hakim Guntur Hamzah Tak Terbukti Langgar Kode Etik Meski Punya Jabatan di Asosiasi Pengajar HTN
Alyssa Soebandono

Anutusias Punya Anak Perempuan, Alyssa Soebandono Sampai Lakukan Hal Ini

Menyambut kelahiran anak pertama, Alyssa Soebandono merasa sangat antusias. Diungkap Dude, Istrinya itu sampai membeli baju-baju untuk anak perempuannya tersebut.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024