Ada Rekaman Pimpinan Banggar dan Setjen DPR

Megawati Soekarnoputri & Pramono Anung
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews - Pimpinan DPR sudah mengetahui siapa anggota DPR yang mengusulkan agar renovasi Ruang Rapat Badan Anggaran DPR mencapai Rp20 miliar. Bukti itu sudah dimiliki pimpinan DPR berupa transkip rekaman.

Wakil Ketua DPR Pramono Anung tidak membantah dan membenarkan penjelasan Kepala Biro Pemeliharaan Instalasi dan Bangunan Sekretariat Jenderal DPR, Soemirat, yang mengatakan bahwa usulan spesifikasi Ruang Rapat Badan Anggaran itu pilihan pimpinan Badan Anggaran.

"Memang dalam transkip rekaman, semua di DPR terekam. Dalam transkip rekaman memang ada hal seperti itu," kata Pramono Anung di gedung DPR, Jakarta, Rabu 18 Januari 2012.

Tetapi, Pramono enggan menyebut apa isi transkip rekaman pembicaraan yang membahas renovasi ruang rapat Badan Anggaran yang menjadi perhatian publik itu. Pramono sudah mengetahui isi rekaman.

Maka itu, untuk membuat kasus ini menjadi jelas, Pramono menyerahkan masalah ini kepada Badan Kehormatan DPR. "Itu makanya, Badan Kehormatan diberi kewenangan sepenuhnya melakukan penelusuran. Apa yang sebenarnya terjadi dalam proses ini," kata mantan Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan ini.

Soemirat sendiri pernah menyatakan bahwa spesifikasi fasilitas ruang rapat baru Badan Anggaran DPR memang diusulkan oleh konsultan. Lalu usulan spesifikasi dari konsultan itu disetujui pimpinan Badan Anggaran.

"Spesifikasi disetujui. Spesifikasi datangnya dari konsultan semuanya, dari Gubah Laras," kata Soemirat di DPR RI, Jakarta, Selasa kemarin 17 Januari 2012. Soemirat juga menyebut ada empat anggota DPR pengusul renovasi ruang rapat Badan Anggaran miliaran rupiah itu.

Viral Bule Kanada Ungkap Pengalaman Nikah dengan Wanita Indonesia: Mereka yang Terbaik

Ketua Badan Anggaran DPR RI, Melchias Markus Mekeng, membantah pimpinan Badan Anggaran-lah yang memilih spesifikasi fasilitas ruang rapat Badan Anggaran senilai Rp20 miliar yang ditawarkan konsultan.

"Mereka yang tahu standar ketentuan, mereka yang pegang anggaran, mereka yang beli, kok kami yang disalahkan?" kata Melchias yang juga politisi Partai Golkar ini. (sj)

Chandrika Chika.

Pengakuan Chandrika Chika ke Ibunya: Gak Tau Vape yang Dihisap Ada Narkobanya

Ibunda Chandrika Chika, Poppy Putry dan suaminya, Jusman, pada Rabu malam 24 April 2024 mendatangi Polres Metro Jakarta Selatan. Kedatangan keduanya untuk mengecek Chika.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024