Panglima: Autopilot Hanya Dipakai Pilot Hebat

Laksamana TNI Agus Suhartono
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews - Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono menyatakan autopilot sebagai istilah yang sering digunakan dalam bahasa teknis pengendalian kapal maupun pesawat secara otomatis. Menurut Agus, pelaut yang ingin mengubah pengendalian kapal ke autopilot, harus seorang komandan yang mahir.

Untuk membuat autopilot, kata Agus, harus memasukkan data-data sedemikian rupa agar kapal tersebut dapat berjalan sebagaimana dikehendaki, artinya  nakhodanya juga harus hebat.

Gibran Masih Jabat Wali Kota Solo Usai jadi Wapres Terpilih, JK: Tidak Apa-apa

"Manakala kapal ini di-autopilot kemudian dia keluar dari apa yang diinginkan nakhoda maka dikembalikan ke manual berarti nakhodanya harus paham betul dengan hal itu," ujar Panglima TNI Agus Suhartono saat jumpa pers di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur. Rabu, 18 Januari 2012.

Namun menanggapi apa yang menjadi persepsi dan kritik dari pihak-pihak yang mengeluarkan anggapan "negeri autopilot", Panglima menyatakan tidak mau terlalu dalam menanggapi apa yang dimaksud penkritik tersebut. "Saya hanya ingin menjelaskan sebenarnya autopilot itu adalah sesuatu yang digunakan seseorang nakhoda atau pilot yang bagus sehingga tahu betul arahnya kapal," ujarnya.

"Tapi sekali lagi saya tidak ingin masuk ke dalam karena saya tidak tahu secara persis di pikiran dari yang menyusun autopilot ini, tapi ini dari persepsi kita sebagai orang teknis," katanya. (umi)

Head of PR Ninja Xpress, Ribka Pratiwi

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Ninja Xpress mengungkapkan, pada momen Ramadhan 2024 jumlah pengiriman paket melonjak 20 persen dibandingkan periode normal.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024