Demokrat Bentuk Garda Perbatasan

Warga melihatkan patok perbatasan Indonesia-Malaysia di Camar Bulan
Sumber :
  • Antara/ Muhlis Suhaeri

VIVAnews - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat akan  mendeklarasikan berdirinya organisasi sayap DPP Garda Perbatasan di Kalimantan Barat.

"Gagasan ini  lahir atas dasar keprihatinan  kami untuk percepatan  kesejahteraan bagi warga perbatasan yang ada  di Indonesia," kata Sekretaris Jendral DPP Garda Perbatasan, Bobby Chrisnawan, di Pontianak, Minggu 22 Januari 2012.

Garda Perbatasan akan menjadi mitra masyarakat perbatasan dalam menjaga  keutuhan dan stabilitas NKRI tersebut. "Ide awal terbentuknya Garda Perbatasan ini adalah, kami merasa prihatin kondisi riil di lapangan. Hal ini juga yang berkaitan langsung  dengan implementasi program di daerah perbatasan. Itu dinilai belum berjalan sesuai harapan," kata dia.

Ada lima wilayah, sambung Bobby, di Kalimantan Barat yang berbatasan langsung dengan Malaysia, yang harus mendapat perhatian. Kelima wilayah itu antara lain, Kabupaten  Sanggau, Kabupaten  Sambas, Kabupaten Bengkayang, Kabupaten  Sintang, dan Kabupaten Kapuas Hulu.

Mengerikan, Ini 9 Bahaya Vape Liquid Ganja yang Perlu Diketahui

"Pokoknya ini harus benar-benar diperhatikan tingkat  kesejahteraan bagi seluruh warga yang ada  perbatasan di Kalbar," kata dia.

Tidak hanya di Kalbar, jelas Bobby, Garda Perbatasan itu akan ada juga di 11 Provinsi lainnya yang berbatasan langung dengan negara luar. "Nantinya akan ada Garda Perbatasan di setiap wilayah yang berdekatan langsung negara tetangga."

Bobby menambahkan, Ketua Umum Demokrat,   Anas Urbaningrum,  yang juga terpilih sebagai Ketua Umum  Garda Perbatasan itu,  rencananya akan hadir  pada acara pelantikan pengurus Garda Perbatasan di Pontianak. Sekaligus, dia akan memberikan 5 ribu bendera merah putih untuk wilayah perbatasan di Kalbar yang berada di lima  kabupaten itu. "Lima ribu bendera merah putih itu dibagikan  sebagai bentuk untuk lebih meningkatkan rasa nasionalisme warga yang di wilayah perbatasan," kata Bobby.

Isu perbatasan pernah mencuat di tahun 20111, soal dugaan pencaplokan Camar Bulan dan Tanjung Datu oleh negeri jiran, Malaysia, yang sempat memanaskan hubungan dua negara.

Tapi, nyatanya, warga perbatasan tergantung secara ekonomi dengan negeri tetangga, bahkan untuk membeli beras. Siaran, baik televisi maupun radio, Malaysia lebih mudah ditangkap dari pada media dalam negeri.

Baca juga: "Serang Malaysia? Lalu Kami Makan Apa?"

Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Ungkit Panasnya Debat di Pilpres 2024, Prabowo: Tapi Kita Tetap Satu Keluarga

Presiden terpilih, Prabowo Subianto menyinggung soal penyelenggaraan Pilpres 2024 terutama mengenai panasnya debat Pilpres dimana para kandidat saling adu argumen.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024