BK DPR Periksa Konsultan Ruang Banggar Rp20 M

Ruang Banggar 20 M
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Badan Kehormatan (BK) DPR memanggil konsultan perencana proyek renovasi ruang rapat Badan Anggaran DPR senilai Rp 20 miliar, hari ini. Pemeriksaan dilakukan untuk mengetahui awal mula pemilihan spesifikasi peralatan dan perlengkapan ruang Banggar.

"Kami periksa dulu konsultan perencana. Ini untuk melengkapi keterangan Banggar, BURT dan Kesekjenan," kata Ketua BK DPR M Prakosa di Gedung DPR, Jakarta, Selasa 24 Januari 2012. Pemeriksaan ini dilakukan secara tertutup di Ruang BK DPR.

Konsultan perencana ruang baru Banggar itu adalah PT Gubah Laras. Sementara Konsultan pengawas, PT Jagat Rona Semesta dan pelaksana, dan PT Pembangunan Perumahan (PP). Namun, Prakosa tak mengatakan lebih rinci apakah BK memanggil ketiganya atau tidak.

Proyek ruang rapat Banggar yang menelan biaya Rp 20 miliar ini menjadi polemik. Badan Kehormatan menilai renovasi tersebut terlalu berlebihan. BK DPR menilai banyak perlengkapan ruang rapat yang dinilai berlebihan.

Misalnya pada harga lampu, sound system, meja, dan kursi impor senilai Rp24 juta per kursi. Fasilitas inilah yang membuat anggaran renovasi membengkak.

Sebelumnya, Badan Kehormatan telah memanggil Badan Urusan Rumah Tangga DPR, Badan Anggaran dan Kesekjenan DPR.

Selain itu, BK juga masih menelusuri dugaan pelanggaran kode etik anggota dewan. Karena, Kesekjenan mengaku bahwa renovasi ruang rapat banggar itu adalah atas permintaan anggota dewan. (umi)

Rizky Nazar Diisukan Selingkuh, Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad
Timnas Qatar U-23 Vs Jepang

Timnas Qatar U-23 Menangis Usai Dihajar Jepang Perempat Final Piala Asia U-23 2024

Timnas Qatar U-23 dipastikan gugur di babak perempat final Piala Asia U-23 2024. Itu setelah mereka dikalahkan Jepang dengan skor 2-4 di Stadion Jassim bin Hamad, Al Rayy

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024