Ambng Parlemen

Puan Maharani: PDIP Terbuka dan Fleksibel

Puan Maharani
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Ketua Bidang Politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Puan Maharani, menegaskan partainya berkukuh ambang parlemen pada angka 5 persen. Namun, PDIP, kata Puan, siap berdialog dengan partai lain mengenai angka parliamentary threshold (PT) itu.

"Belum ada kesesuaian mau berapa," kata Puan. "Buat kami, yang penting apa yang kami putuskan bersama itu memberikan pendidikan politik yang baik untuk rakyat pada 2014 nanti. Dan tentu saja pemilu yang akan datang," katanya di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa 24 Januari 2012.

Puan menyatakan, soal ambang ini, akan diselesaikan dengan lobi internal dan informal. Termasuk PDIP siap berhubungan dengan partai-partai koalisi yang tergabung dalam Sekretariat Gabungan.

"Kami masih bicara PT lima persen, saya mendengar Setgab akan turun ke empat persen. Tapi itu selama satu parpol ini belum menyetujui tidak akan diputuskan. Inilah yang harus kami bicarkaan secara bersama-sama melalui lobi informal," ujar perempuan yang baru saja menjadi Ketua Fraksi PDIP itu.

Agenda lain yang dibawa PDIP dalam pembahasan Rancangan Undang-undang Pemilu itu adalah sistem proporsional tertutup. Namun Puan menyatakan, PDIP tak bisa memaksakan semua partai mengikuti perubahan dari sistem proporsional terbuka yang dianut sekarang.

"Yang jelas PDIP terbuka dan fleksibel. Selama itu untuk kepentingan rakyat, kami pasti akan mau bersinergi dan berkoordinasi dengan siapa pun itu," kata putri Megawati Soekarnoputri dan Taufiq Kiemas itu. (umi)

10 Negara Ini Dicap Paling Malas Gerak Sedunia, Kok Bisa?
Ilustrasi berjalan tanpa alas kaki.

Viral Seorang Remaja Jalan Puluhan Ribu Langkah demi Datang ke Masjid untuk Hal Ini

Belum lama ini viral mengenai seorang remaja berusia 14 tahun dari Amerika Serikat yang berjalan selama 3 jam dan menempuh 35.000 langkah menuju masjid untuk hal ini

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024