Ruhut Sitompul: SBY Kantongi Pengganti Anas

SBY pidato didampingi Marzuki Alie dan Anas Urbaningrum
Sumber :
  • Antara/ Prasetyo Utomo

VIVAnews – Salah satu Ketua Dewan Pengurus Partai Demokrat, Ruhut Sitompul, yakin bahwa Susilo Bambang Yudhoyono telah mengantongi nama calon Ketua Umum Demokrat yang nantinya bakal menggantikan Anas Urbaningrum.

“SBY selaku Ketua Dewan Pembina dan sejumlah anggota (Dewan Pembina Demokrat), sudah pasti mengantongi siapa yang pantas dan layak menggantikan Anas. Kita lihat saja pada waktunya nanti,” kata Ruhut dalam kunjungan kerja Komisi III DPR RI ke Polda Papua, Kamis 26 Januari 2012.

Ruhut berpendapat, langkah SBY Selasa malam lalu yang menggelar pertemuan anggota dewan pembina partai, sangat tepat demi kebaikan dan masa depan partai. “Jangan sampai kasus yang melilit kader menjadi momok yang terus merongrong partai. Langkah Ketua Dewan Pembina melakukan konsolidasi secepatnya sangat baik untuk menyelamatkan partai,” ujar dia.

Namun Ruhut tak mau menyebut siapa-siapa saja yang ia anggap layak menahkodai Demokrat ke depan. Ruhut juga enggan mengomentari sejumlah nama yang saat ini disebut-sebut cakap mengganti Anas seperti Menkopolhukam Djoko Suyanto dan Wakil Ketua Komisi I DPR Hayono Isman.

Djoko Suyanto terutama, sempat disebut Wakil Ketua Umum Demokrat Max Sopacua, layak untuk diperhitungkan. Tapi Ruhut tak mau berkata banyak. “Bapak Ketua Dewan Pembina pasti sudah memiliki calon. Kita tunggu saja,” tegas Ruhut.

Anas Tegaskan Posisi

Ketua Umum Demokrat Anas Urbaningrum sendiri menyatakan, posisinya di Demokrat tidak bisa digoyahkan. “Tidak ada (pelengseran). Ketua Umum Partai Demokrat hanya satu, yaitu Anas Urbaningrum,” tegas Anas di Indramayu, Jawa Barat.

Anas menekankan, kabar pelengseran dirinya hanyalah rumor tak berdasar. Sampai saat ini, kata dia, Partai Demokrat tetap bersatu di bawah kepemimpinannya. “Itu (upaya pelengseran) kan cerita di luar. Di dalam kami kompak, solid, dan waras cara berpikirnya,” ujar Anas.

Semalam, Anas telah mengumpulkan jajaran pengurus inti Dewan Pengurus Pusat Partai Demokrat dalam sebuah rapat harian di Kantor DPP Demokrat, Jakarta. Turut hadir dalam rapat itu adalah Sekretaris Jenderal Demokrat Eddhie Baskoro Yudhoyono (Ibas).

Malam sebelumnya, SBY mengumpulkan para anggota dewan pembina dan dewan kehormatan partai untuk membahas soal nasib Demokrat ke depan, termasuk nama Anas yang berkali-kali disebut Nazaruddin di persidangannya. Anas sendiri tidak ikut dalam pertemuan dengan SBY itu karena ia tidak berada di struktur dewan pembina. Ia telah dipanggil oleh SBY sehari lebih awal secara terpisah. (umi)

Kementerian Haji Meminta Jemaah Umrah Harus Keluar dari Arab Saudi pada 6 Juni
Dr. BRA. Mooryati Soedibyo

Haru, Angelina Sondakh Ungkap Inspirasi Kebaikan Mendiang Mooryati Soedibyo

Pada masa mengemban gelar sebagai Putri Indonesia, Angelina Sondakh sangat dekat dengan Mooryati Soedibyo.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024