Dua Bakal Calon Gubernur Aceh Gugur

Logistik Pemilu
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVAnews - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh memastikan tidak akan melakukan verifikasi dukungan pada dua pasang bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang maju melalui jalur perseorangan. Kedua pasangan ini tidak menyerahkan berkas persyaratan seperti diatur KIP Aceh dan dinyatakan gugur.

Keputusan ini diambil KIP Aceh dalam rapat pleno yang digelar di Banda Aceh, Sabtu dan Minggu pagi. Pleno dipimpin Ketua KIP Aceh Abdul Salam Poroh, Wakil Ketua Ilham Saputra, Nurjani Abdullah, Akmal Abzal, Robby Syahputra, dan Zainal Abidin.

Kedua pasang bakal calon yang tidak menyerahkan persyaratan lengkap itu adalah staf ahli tim Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Kementerian Kesejahteraan Rakyat RI Fakhrulsyah Mega, yang berpasangan dengan Zulfinar, aktivis perempuan Aceh.

Satu pasangan lagi yaitu bekas Koordinator Kontras Aceh, Hendra Fadli yang berpasangan dengan aktivis Sentral Emergency For Aceh (SEFA), Yuli Zuardi Rais.

Ketua Kelompok Kerja Pencalonan KIP Aceh, Nurjani Abdullah mengatakan, dua pasangan calon itu tidak melengkapi persyaratan, yakni rekapitulasi dukungan per desa. "Kami tidak melakukan verifikasi karena dua bakal calon ini tidak menyerahkan rekapitulasi itu. Jadi otomatis gugur," kata Nurjani di Banda Aceh usai rapat pleno, Minggu 29 Januari 2012.

Dua pasang bakal calon ini mendaftar di KIP Aceh pada detik-detik terakhir pembukaan pendaftaran, 24 Januari tengah malam. Kala itu, kedua bakal calon ini tidak menyerahkan rekapitulasi berkas dukungan KTP.

Untuk mencalonkan diri sebagai kepala daerah Aceh, kandidat dari jalur perseorangan harus menyerahkan dukungan KTP sebesar 3 persen dari jumlah penduduk. Sementara kandidat dari jalur partai politik atau gabungan partai politik, harus meraih dukungan 15 persen suara di parlemen. (sj)

Israel Berlakukan Keadaan Siaga di Perbatasan Lebanon, Ada Apa?
Ade Rai di Vindes

10 Makanan Wajib Dihindari Jika Ingin Awet Muda Seperti Ade Rai, Nomor 2 Paling Sulit

Ade Rai yang merupakan seorang binaragawan terkenal, mengungkapkan beberapa jenis makanan yang harus dihindari agar tetap menjaga kebugaran dan kesegaran kulitnya.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024