Kenapa Partai Tommy Gaet Non-Peserta Pemilu

Pendiri Partai Nasional Republik (Nasrep) Mayjen (Purn) Edi Waluyo
Sumber :
  • Antara/ Dhoni Setiawan

VIVAnews - Partai Nasional Republik (Nasrep) sukses mengakuisisi Partai Nurani Umat agar memiliki badan hukum dan bisa melenggang untuk mengikuti verifikasi berikutnya oleh Komisi Pemilihan Umum. Rupanya, Partai Nurani Umat bukan partai peserta Pemilu 2009. Kritik mulai bermunculan. Partai Nasrep bergeming.

"Partai Nurani Umat memang bukan peserta Pemilu 2009. Hanya memang memiliki badan hukum sejak 2008," kata Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Nasrep, Mayjen Purnawirawan Edy Waluyo, dalam perbincangan dengan VIVAnews.com, Selasa 31 Januari 2012.

Edy sendiri tidak ikut turun langsung saat proses akuisisi dengan Partai Nurani Umat. Proses dan negosiasi dilakukan dengan Ketua Umum Partai Nasrep, Jus Usman. Rencananya, Partai Nasrep akan menggandeng lagi Partai Sarikat Indonesia (PSI) untuk melanggengkan jalan.

Respons Albertina Ho Usai Dilaporkan ke Dewas oleh Pimpinan KPK

Rencana itu belum disepakati. PSI sendiri sudah memiliki badan hukum dan terdaftar sebagai peserta Pemilu 2009.

"Rencana koalisi atau akuisisi dengan PSI itu agar lebih memudahkan jalan verifikasi di KPU. Meski demikian, rencana koalisi dengan PSI belum mencapai kata sepakat," kata mantan Ketua DPRD DKI dua periode ini.

Edy tidak mempermasalahkan adanya kritik dari partai parlemen di DPR. Kritik yang menghujam antara lain soal perubahan nama Partai Nurani Umat menjadi Partai Nasrep. Bagi Edy, kritik itu tidak berdasar. Karena, setiap partai memiliki hak untuk mengganti nama. "Itu tidak dilarang undang-undang," tegasnya.

Nasrep berharap kiprah partai ke depan dapat memberikan banyak kemajuan bagi bangsa. "Sukses bagi saya adalah kalau partai ini bisa mensejahterakan masyarakat. Kalau masih melahirkan maling-maling, tidak usah," ujarnya.

Kemarin, Ketua Umum Partai Nasrep Jus Usman menyebut bahwa nama Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto masih belum final menjadi calon presiden dari partai.

Meski begitu, kata Edy, nama Tommy Soeharto masih terdaftar dalam struktur organisasi partai. "Mas Tommy masih sebagi Ketua Dewan Pembina Partai Nasrep," ujar Edy. (umi)

Anies Baswedan dan Presiden DPP PKS Ahmad Syaikhu.

PKS Bakal Sambangi Markas PKB Malam Ini, Bahas Apa?

Presiden terpilih Prabowo Subianto sudah mendatangi markas PKB pada Rabu kemarin.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024