Rachland Nashidik

“Demokrat Ditarget Lumpuh pada Pemilu 2014”

Anas Urbaningrum Jadi Ketua Umum Demokrat
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews – Sekretaris Departemen Hak Asasi Manusia Dewan Pengurus Pusat Partai Demokrat, Rachland Nashidik, meminta setiap kader Demokrat bersikap tenang dalam menghadapi permasalahan yang dihadapi partai.

Ia meminta seluruh kader Demokrat agar jangan “cenderung menari dalam irama gendang yang ditabuh pihak lain.” Rachland mengingatkan, persoalan yang dihadapi Demokrat tidak lepas dari kepentingan politik dan persaingan menuju Pemilu 2014.

Rachland mengatakan, banyak pihak yang hendak menjegal niat Dewan Pembina Partai Demokrat untuk mengatasi masalah secara etis. Padahal, ujarnya, Dewan Pembina hendak menjaga agar persoalan yang melanda Demokrat tidak sampai mengakibatkan kerusakan serius di tubuh Demokrat.

“Targetnya, Demokrat pecah dan dengan demikian lumpuh pada Pemilu 2014,” kata Rachland dalam rilis pers yang diterima VIVAnews, Kamis 2 Februari 2012. Padahal, lanjutnya, untuk menghadapi Pemilu 2014, semua kader Demokrat harus solid dan menjaga keutuhan partai.

Terkait isu rencana pelengseran Ketua Umum Demokrat Anas Urbaningrum, Rachland meminta semua pihak agar bersandar pada fakta. “Suka atau tidak, harus diakui Anas Urbaningrum sampai hari ini bukan saksi, apalagi tersangka. Jadi setiap kader Demokrat harus menyerahkan sangkaan atas ketua umumnya kepada penilaian hukum yang imparsial,” tegasnya.

Pada akhirnya, Rachland meminta kader Demokrat menegakkan janji partai untuk memerangi korupsi, ketimbang sibuk berkelahi sendiri di antara mereka. “Lebih baik pusatkan perhatian pada upaya menyambung tali praksis yang hampir putus dari janji partai untuk memerangi korupsi,” kata dia.

Soekarwo Geser Anas?

Secara terpisah, Dewan Pengurus Cabang Partai Demokrat Solo justru berpendapat, Gubernur Jawa Timur Soekarwo merupakan figur yang tepat untuk menggantikan Anas Urbaningrum sebagai ketua umum partai.

“Pak Karwo figur yang tepat dan  bagus. Posisi dia juga netral,” kata Sekretaris DPC Partai Demokrat Solo, Supriyanto. Saat ini, Soekarwo juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pengurus Daerah Partai Demokrat Jawa Timur.

Meski Sukarwo dinilai cocok menggantikan Anas, namun Supriyanto menegaskan, mereka menyerahkan sepenuhnya urusan soal ketua umum partai kepada pilihan Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono. “Mana yang tepat menurut pilihan Ketua Dewan Pembina, itulah yang terbaik bagi kami,” ujarnya.

Soekarwo sendiri sebelumnya menyatakan akan menerima jabatan ketua umum partai apabila ia memang diperintahkan oleh Dewan Pembina Demokrat untuk mengisinya. “Jika diperintahkan, saya akan menerimanya,” kata dia. Tapi, imbuhnya, sampai saat ini tidak ada perintah untuk itu. (umi)

Komentar Calon Kiper Timnas Indonesia Usai Bawa Inter Milan Sabet Scudetto
Ketua DPRD Klungkung

Ketua DPRD Sebut Pemkab Klungkung Komitmen Tangani Kerusakan Jalan di Nusa Penida

Klungkung tercatat memiliki jalan kabupaten sepanjang 464 kilometer. Dari jumlah tersebut, sekitar 367,5 kilometer dalam kondisi baik, rusak sedang 34 KM dan lainnya lagi

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024