Demokrat Rombak Legislatornya di DPR

Diskusi Sahid : Hayono Isman
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Partai Demokrat akan merombak fraksinya di parlemen. Menurut Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat, Hayono Isman, perombakan ini dilakukan dalam rangka peningkatan efektifitas dan menghindari kejenuhan legislator di komisi.

"Apabila diperlukan saya mendukung, demi efektivitas. Tapi tentu sesuai mekanisme partai, DPP, ketua umum harus juga melakukan konsultasi dengan ketua Dewan Pembina," kata Hayono di Gedung DPR, Kamis 2 Februari 2012.

Misalnya, kata dia, Diaz Gwijangge yang saat ini berada di Komisi X akan dipindah ke Komisi I. Pertimbangannya, kata Hayono, adalah karena Diaz berasal dari Papua. Sementara saat ini, Komisi I banyak membahas mengenai masalah konflik di Papua. "Kita ingin putra Papua lebih banyak di komisi I," kata dia.

Hayono membantah, adanya perombakan di parlemen ini karena terkait beberapa kasus yang menjerat partai ini. "Saya rasa tidak (karena kasus). Karena itu masih belum ada kepastian hukum. Itukan baru isu, jadi kalau kami membuat keputusan berdasarkan isu itu ngawur," kata dia.

"Ini rotasi biasa yang rutin tidak ada kaitannya dengan hal tersebut. Apalagi dikaitkan dengan isu Anas Urbaningrum. Saya pikir jauh," lanjutnya.

Perombakan ini, kata dia berada di ranah DPP karena Fraksi Partai Demokrat, merupakan kepanjangan tangan dari DPP. Namun, dalam keputusan finalnya, kata dia Ketua Umum harus berkonsultasi dengan Dewan Pembina. (eh)

Mahfud MD Bicara Pentingnya Jaga Demokrasi agar Terhindar dari Kediktatoran
Ilustrasi tembakan.

Kata Mabes Polri Soal Anggota Polresta Manado Tewas Luka Tembak di Kepala

Seorang anggota Satuan Lali Lintas Polres Kota Manado, Sulawesi Utara ditemukan tewas dengan luka tembak di bagian kepala, kemarin. Kejadiannya di Jalan Mampang Prapatan

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024