Angie dan Koster Absen di Rapat DPR

I Wayan Koster
Sumber :
  • tvOne

VIVAnews - Komisi X DPR menggelar rapat kerja dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng. Dalam rapat hari ini, dua anggota Komisi X DPR, Angelina Sondakh dan I Wayan Koster tidak terlihat.

Empat pimpinan Komisi tampak hadir dengan diketuai oleh Mahyuddin (Fraksi Demokrat). Rapat ini dimulai pukul 10 WIB. Namun, hingga pukul 10.35 WIB, rapat hanya diikuti 12 anggota Komisi minus Koster dan Angelina.

Sebelum mengikuti rapat, Andi menjelaskan bahwa rapat akan membahas masalah perkembangan proyek pembangunan fasilitas olahraga di Hambalang, Bogor. "Selain itu, juga laporan SEA Games."

Angelina dan Koster sudah dicekal Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat pekan lalu terkait kasus suap wisma atlet SEA Games di Jakabiring, Sumatera Selatan. Bahkan, Angie-sapaan Angelina-ditetapkan sebagai tersangka.

Dalam beberapa sidang kasus ini, nama Angie dan Koster disebut-sebut sebagai penerima suap.

Suzuki Nex II Edisi 2024 Mengaspal, Ini Perubahannya

Terpidana kasus suap wisma atlet SEA Games di Kementerian Pemuda dan Olahraga, Mindo Rosalina Manulang menyatakan Angelina meminta uang untuk pembahasan anggaran di Kementerian Pemuda dan Olahraga.

"Ada Hambalang atau wisma atlet. Dia bilang butuh uang untuk menggolkan anggaran," kata Rosa di sidang Pengadilan Khusus Tindak Pidana Korupsi, Senin 16 Januari 2012.

Membantah

PSI Buka Pendaftaran Bagi yang Ingin Maju Pilkada, Siapa Saja Bisa Ikut

Disebut dalam sidang sebagai peminta dana, Angie merasa dizalimi. Anggota Komisi IX DPR itu heran disebut-sebut menerima uang tersebut padahal dirinya tidak pernah bicara dengan Rosa.

"Membicarakan itu saja tidak pernah, membicarakan dengan Nazar apalagi Mbak Rosa, urusannya nyalon saja lalu ke butik, Pak Nazar juga nggak pernah, tiba-tiba saya dibilang terima," ujar Angie kepada wartawan, Senin 16 Januari 2012.

Akun TikTok Disita, Polisi Pastikan Galih Loss Belum Dapat Untung dari Kontennya

Angie mengaku heran kenapa dirinya bisa disebut meminta uang untuk meloloskan anggaran proyek tersebut. "Aku nggak pernah ngomong, aku sudah pusing, ada apa di balik semua ini, bicara soal Wisma Atlet, mereka yang menghubungi aku bicara tidak pernah apalagi minta, bicara tidak pernah," kata Angie.

Selain Rosa, mantan Wakil Direktur Keuangan PT Permai Group, Yulianis, mengungkapkan aliran dana dari perusahannya ke sejumlah anggota DPR. Yulianis pun membeberkan anggota DPR yang mendapatkan aliran dana itu adalah Angelina Sondakh dan Wayan Koster.

Sementara, Koster membantah kesaksian mantan supir Yulianis, Luthfie Ardiansyah, di Pengadilan Tipikor yang  menyebut dirinya menerima uang Rp5 miliar yang diantar dua kali ke DPR pada hari yang sama.

Koster menjelaskan, ia sudah pernah menanyakan kepada stafnya apakah mereka pernah menerima titipan uang tersebut atau tidak. Koster mengatakan, stafnya juga membantah menerima uang sebesar Rp5 miliar dari Luthfie.

“Saya sudah tanya staf saya. Dia mengaku tidak pernah mengenal Luthfie dan tidak pernah menerima titipan, juga tidak pernah membuat tanda terima,” ujar Koster, Senin 30 Januari 2012. Namun Koster menyatakan siap dipanggil KPK untuk memberikan klarifikasi. “Saya pasti akan datang memberi keterangan,” imbuhnya. (Baca Selengkapnya Bantahan Koster di Sini) (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya