Ada 5 Kelompok di Dalam Partai Demokrat

Diskusi Sahid : Hayono Isman
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Hayono Isman menilai pernyataan Ketua Dewan Pembina Susilo Bambang Yudhoyono merupakan langkah untuk mencegah saling jegal di internal Partai Demokrat. Hayono mengakui, saat ini di internal Partai Demokrat terdapat sekurang-kurangnya lima faksi.

"Bukan hanya faksi Andi Mallarangeng dan Marzuki Alie, tetapi ada 3, 4, atau 5 faksi. Tapi alhamdulillah semuanya faksinya Pak SBY," kata Hayono Isman di gedung DPR, Jakarta, Senin 6 Februari 2012.

Menurut Hayono, adanya faksi-faksi atau kelompok-kelompok di dalam Partai Demokrat merupakan hal yang wajar. Sebab itu terjadi di semua partai. Namun, kata dia, menjadi tidak wajar jika faksi itu saling menjatuhkan satu sama lain.

"Pernyataan Pak SBY kemarin, saya pikir untuk mencegah. Kalau beda pendapat kan biasa, tapi kalau itu sampai mengarah kepada saling menjatuhkan ini yang tidak boleh terjadi," ujar mantan Menteri Pemuda dan Olahraga itu.

Bagi Hayono, tantangan Partai Demokrat ke depan adalah jangan membiasakan diri bergantung pada figur SBY. Sebab, SBY akan meninggalkan partai Demokrat sesekali waktu.

"Kita beruntung memiliki figur Pak SBY sebagai pemersatu dari faksi-faksi. Oleh karena itu sistem di partai perlu diperkuat. Jangan sampai setelah Pak SBY tiada kita kehilangan perekat," ujar anggota Komisi I DPR Bidang Komunikasi, Pertahanan, dan Luar Negeri ini.

Dalam keterangan pers kemarin, SBY mengingatkan bahwa kader Demokrat harus bicara, memberikan penjelasan kepada masyarakat dan konstituen atas berbagai isu yang menerjang. "Jangan tiarap," kata SBY yang juga Ketua Dewan Kehormatan Demokrat. (umi)

10 Negara Paling Religius di Dunia, Peringkat Indonesia Tak Disangka!
Hari Paskah

30 Ucapan Selamat Paskah yang Penuh Makna untuk Teman dan Keluarga

Hari Paskah adalah hari raya agama Kristen yang dirayakan untuk memperingati kebangkitan Yesus Kristus dari kematian yang terjadi pada hari ketiga setelah penyaliban-Nya.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024