"Batas Psikologis Elektabilitas Demokrat 10%"

Hayono Isman Hadir di Pernikahan Ibas - Aliya di Istana Cipanas
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat, Hayono Isman, mengatakan DPP Partai Demokrat harus segera mengambil langkah penyelamatan agar posisi Demokrat tidak kembali tersungkur.

Pada Februari 2012, Lembaga Survei Indonesia mencatat perolehan suara Demokrat dari hasil survei hanya 13,7 persen, atau merosot jauh dari Golkar di posisi puncak 18,9 persen, dan PDI Perjuangan menyusul di posisi kedua 14,2 persen.

"Ini tugas DPP. Kalau DPP tidak mampu, maka Dewan Pembina yang akan turun tangan. Karena tidak bisa dibiarkan turun terus, nanti bangkitnya susah," ujarnya di Gedung DPR, Jakarta, Senin 6 Februari 2012.

Menurut Hayono, DPP harus segera mengambil tindakan konkret untuk mengatasi dan menghentikan citra Demokrat yang saat ini menurun di mata publik. "Ini adalah tugas DPP, apa langkahnya kami serahkan ke DPP," kata dia.

Hayono menegaskan, titik rawan Partai Demokrat adalah jika menginjak elektabilitas 10 persen. Jika demikian, partai tidak perlu menunggu proses hukum dan dewan kehormatan. Partai langsung bisa mengambil tindakan langkah yang konkret.

"10 persen itu batas psikologis. Kalau dilihat satu bulan turun satu persen, maka tiga bulan lagi bisa merosot. Tapi mudah-mudahan Insya Allah naik ke 20 persen," tuturnya.

PR Shin Tae-yong Jelang Duel Indonesia U-23 Vs Guinea U-23
Launching Platform D-Litera dan Titik Baca Digital Sumut, di Aula RIS, Kantor Gubernur Sumut.(istimewa/VIVA)

Peningkatan Literasi Digital, Perpusnas Bantu 525 Desa di Sumut untuk Pengembangan Perpustakaan

Sebanyak 525 desa yang ada di 21 Kabupaten/Kota di Sumatera Utara, menerima bantuan pada tahun 2024, dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas).

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024