Sutan Bhatoegana

"Angie Dipecat, Kehilangan Besar Demokrat"

Angelina Sondakh Setelah Selesai Diperiksa KPK
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Tak hanya dinonaktifkan dari kepengurusan, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat kini tengah memproses pemecatan Angelina Sondakh dari Wakil Sekretaris Jenderal di partai itu. Hal ini disampaikan Ketua DPP Demokrat Bidang Keuangan dan Industri, Sutan Bhatoegana.

"Saya baca katanya Pak Jero Wacik, sedang dalam proses untuk dicopot. Sesuai instruksi Kawanbin siapapun yang menjadi tersangka akan langsung dicopot," kata Sutan di gedung DPR, Selasa 7 Febtruari 2012.

Meski Angie - sapaan akrab Angelina, dicopot dari Partai Demokrat, namun ia masih menjadi anggota DPR. Hal ini, karena fraksi belum bisa memberikan sanksi pemberhentian mengingat belum ada keputusan yang berkekuatan hukum.

"Belum ada dari fraksi, kan libur (saat ditetapkan tersangka), kami belum ada. Ada di MD3 (UU No.27 tahun 2009 tentang MPR, DPD, DPR dan DPRD ), masa langsung dicopot. Lihat UU, kami tidak sembarangan," kata dia.

Sutan juga mengatakan, dengan ditetapkannya Angie jadi tersangka dan pencopotan Angie, membuat pihaknya prihatin. "Sistem kami berjalan. Tapi dengan hilangnya Angie, kami kehilangan besar. Kami prihatin dengan musibah ini," kata dia.

Sejak Jumat 3 Februari 2012, Angelina Sondakh telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Angie, diduga terlibat kasus suap wisma atlet yang sudah menjerat mantan rekannya di Demokrat, Muhammad Nazaruddin.

Seperti halnya tersangka lain, KPK juga akan menahan Angie. "Kami lengkapi dulu berkasnya. Kalau sudah lengkap, kami akan menahan dia," kata Abraham usai pengukuhan Denny Indrayana sebagai Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada, di Yogyakarta, Senin 6 Februari 2012.

Terkait pengembangan kasus yang menjerat Angie, panggilan akrab Angelina, Abraham minta publikĀ  bersabar. "Yang jelas, insya Allah akan dilakukan (penahanan)," ujarnya. (adi)

Ketahui Manfaat dan Risiko Saham Blue Chip, Dapatkan Dividen yang Konsisten
Penumpang bus dari terminal Batoh, Banda Aceh. VIVA/Dani Randi

Arus Mudik di Aceh Diprediksi Meningkat 9 Persen pada 2024

Pergerakan arus mudik hari raya Idul Fitri Tahun 2024 di Provinsi Aceh diprediksi mengalami peningkatan dibanding tahun lalu.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024