Golkar: Penyederhanaan Partai Harus Dilakukan

Rapat Koordinasi Teknis Golkar Sulawesi
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews – Partai Golkar berpendapat penyederhanaan sistem kepartaian mutlak perlu dilakukan untuk memperkuat sistem presidensial, menyelenggarakan pemerintah yang efektif dan produktif, dan menciptakan stabilitas politik.

Pemikiran itu muncul dari kritik Ketua Umum Golkar Aburizal Bakrie atas sistem pemerintahan dan ketatanegaraan Indonesia yang menganut sistem presidensial, namun pada praktiknya kental diwarnai aroma parlementarianisme.

Top Trending: Hal yang Terjadi Jika Indonesia Tak Dijajah hingga Tawuran Brutal Antar Pelajar

“Padahal secara konseptual maupun praktik politik, keduanya tidak kompatibel,” kata Ical di Hotel Sahid, Jakarta, Kamis 9 Februari 2012.

Oleh karena itu, lanjutnya, penyederhanaan sistem kepartaian secara alamiah harus dimulai dengan penetapan ambang parlemen sebesar 5 persen seperti yang saat ini diperjuangkan Fraksi Golkar dalam pembahasan revisi UU Pemilu.

Bila penyederhanaan partai dapat terwujud, kata Ical, maka ada harapan atas pemerintahan yang kuat, tegas, bersih, berwibawa, bertanggung jawab, dan transparan.

“Hanya dengan pemerintahan seperti itulah Indonesia dapat mewujudkan seluruh potensinya untuk menjadi bangsa yang besar, damai, sejahtera, dan bermartabat,” kata dia.

Laporan: M. Arief Hidayat, umi

3 Tips Sukses bagi Generasi Muda, Panduan Lengkap untuk Meraih Profit Stabil
Pelita Jaya memastikan tiket ke putaran final BCL Asia 2024

Perbasi Apresiasi Sukses Pelita Jaya Tembus Babak Utama BCL Asia

PP Perbasi mengapresiasi tim Pelita Jaya Bakrie Jakarta yang berhasil lolos ke babak utama Basketball Champions League (BCL) Asia 2024.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024