DPR Sidak Impor "Sampah" dari Belanda-Inggris

Kontainer berisi sampah
Sumber :

VIVAnews - Anggota Komisi Hukum Dewan yang terdiri dari Aziz Syamsuddin, Abu Bakar, M Nasir, dan Syarifudin Suding melakukan inspeksi di Pelabuhan Tanjung Priok, Jumat 10 Februari 2012.

Pantauan VIVAnews.com, selain bertemu pihak Bea dan Cukai, mereka juga mengecek 113 kontainer yang datang dari Belanda dan Inggris dua minggu lalu.

Hanya dua kontainer yang dibuka. Isinya limbah sampah logam bercampur tanah dan aspal.

Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Aziz Syamsuddin mengatakan, pihaknya sengaja datang untuk mendengar keterangan resmi dari Bea dan Cukai. "Kami minta penjelasan Dirjen soal proses masuknya limbah dari Belanda ke Tanjung Priok," kata dia.

Sementara, Dirjen Bea dan Cukai, Agung Kuswandono mengatakan, kontainer berisi limbah mulai masuk Sejak Januari lalu. Dia menjelaskan, impor besi bekas memang dibolehkan. Namun, "limbah ini sudah tercampur limbah lain," kata dia.

Awalnya sempat dicurigai ada campuran nuklir dalam kontainer sampah ini. "Tapi ternyata aman," tambah dia.

Impor besi bekas bercampur sampah ini tak hanya melanggar UU Lingkungan Hidup tapi juga UU Sampah. Sebanyak 113 kontainer berisi sampah adalah hasil sitaan Direktorat Bea dan Cukai, bersama Kementerian Lingkungan Hidup akhir Januari 2012 lalu.

Isi kontainer-kontainer tersebut adalah besi bekas (steel scrap) sebanyak 113 kontainer berukuran 20 fit. Besi-besi tersebut diduga mengandung limbah B3 (Bahan Beracun dan Berbahaya).

Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Agung K, mengatakan besi bekas itu diimpor dari Inggris dan Belanda. Dari Inggris sebanyak 89 kontainer dan Belanda 24 kontainer.

Besi bekas itu diimpor oleh PT HHS. Masuk ke Indonesia lewat Pelabuhan Tanjung Priok dalam lima tahap. (umi)

3 Fakta Menarik Serial The Perfect Strangers, Maxime Bouttier dan Beby Tsabina Gemas Banget!
TImnas Indonesia U-23

Pemain Korea Selatan Puji Timnas Indonesia U-23

Timnas Indonesia U-23 dan Korea Selatan akan berhadapan di babak perempat final Piala Asia U-23 2024. Jelang laga itu, pemain Korea Selatan memberikan pujian.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024