Saan: Demokrat Memang Anjlok, Tapi...

Kampanye Ala Obama Yudhoyono
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Partai Demokrat menyambut baik hasil survei yang dirilis Centre for Strategic and International Studies (CSIS). Yang menarik, survei itu menunjukkan bahwa penurunan dukungan terhadap Demokrat tidak serta-merta mempengaruhi kenaikan dukungan terhadap partai lain.

"Artinya, turunnya suara Demokrat tak memberikan manfaat elektabilitas bagi partai-partai lain," kata Wakil Sekjen DPP Demokrat, Saan Mustopa, di gedung DPR, Jakarta, Senin 13 Februari 2012.

Hasil survei CSIS menyimpulkan Demokrat berada di urutan pertama dengan prosentase 12,6 persen dukungan, Golkar 10,5 persen, dan PDI Perjuangan 7,8 persen. Berikutnya: PKB 4,4 persen, PKS 3,1 persen, Gerindra 3 persen, PPP 2,8 persen, PAN 2,3 persen dan Hanura sebesar 0,7 persen.

Bila dihitung dari perolehan suara pada Pemilu 2009, dukungan terhadap Demokrat merosot 8,25 persen, Golkar turun 3,95 persen, dan PDI Perjuangan turun hingga 6,23 persen. Sementara itu, PKS turun 4,78 persen, Gerindra anjlok 1,46 persen, dan PPP turun 2,53 persen. Adapun PAN turun 3,71 persen serta Hanura drop 3,07 persen.

Survei CSIS melibatkan 2.117 responden, dilakukan selama satu pekan secara acak bertingkat di 33 provinsi, dari tanggal 16 hingga 24 Januari 2012.

Saan mencermati baru sekitar dua minggu lalu Lingkaran Survei Indonesia merilis hasil surveinya yang menunjukkan Demokrat berada di urutan ke-3 dalam hal elektabilitas.

Kisah Inspiratif dari UTBK Unesa: Peserta Berinfus dan Pakai Selang Demi Menggapai Cita-cita

Dia juga menyoroti bahwa penurunan dukungan terhadap Demokrat, sebagaimana digambarkan dalam survei CSIS, ternyata tidak membuat dukungan terhadap partai lain serta-merta meningkat. Saan justru cemas jika survei itu menandakan munculnya kecenderungan masyarakat yang semakin tak mempercayai partai politik.

"Karena kredibilitas dan kepercayaan terhadap semua partai turun, maka ini pekerjaan kita bersama bagaimana memulihkan persepsi publik terhadap partai," kata Saan. (kd)

Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won

Terpopuler: Bukti Kencan Kim Soo Hyun-Kim Ji Won, Teuku Ryan Dibawa Berobat dan Ruqyah

Teuku Ryan yang mulai buka suara seputar permasalahan rumah tangganya dengan Ria Ricis usai resmi bercerai juga tak kalah bikin heboh. Belum lagi soal kabar Rizky Febian.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024