Demokrat Bitung Bantah Terima Uang Tim Anas

Anas Urbaningrum Jadi Ketua Umum Demokrat
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Ketua DPC Partai Demokrat Kota Bitung, Hanny Ruru membantah keras pernyataan mantan Ketua Dewan Pimpinan Cabang Minahasa Tenggara, Diana Maringka yang menyebutnya menerima uang dari tim sukses Anas Urbaningrum.

Bahkan, ketika mendengar maraknya berita tentang dirinya menerima uang yang sama seperti diterima Diana, dia langsung mengkonfirmasi Diana.

"Pada tanggal 13 Februari 2012 (siang) saya telah menanyakan via telpon kepada Ibu Diana apakah beliau benar menyebutkan nama saya/DPC Kota Bitung menerima uang Rp30 juta dan $2.000 serta $5.000 seperti yang beliau sebutkan beliau terima? Langsung beliau jawab itu salah, tidak benar," jelas Hanny kepada VIVAnews, Selasa 14 Februari 2012.

Namun dia tidak membantah telah menerima uang transportasi dan akomodasi. Itu pun bukan dari tim sukses Anas saja, melainkan dari semua calon.

"Saya hanya menerima uang akomodasi dan transport yang jumlahnya wajar-wajar saja," katanya.

Dia tidak percaya dalam kongres Partai Demokrat di Bandung, 2010 lalu ada praktik politik uang. "Mungkin ada permainan politik dari orang tertentu pada saat itu dengan tujuan menjatuhkan nama Partai Demokrat," tuturnya.

Sementara, saat dikonfirmasi, Diana justru membantah pernyataannya sendiri yang sebelumnya membenarkan Ketua DPC Kota Bitung Hannya Ruru menerima uang dari Anas dalam jumlah yang sama seperti yang diterimanya.

"Hanny Ruru tidak menerima uang sebesar yang saya terima, dia hanya menerima jumlah yang kecil," ucap Diana, Selasa 13 Februari 2012.

Dia tidak menjelaskan alasan klarifikasi pernyataan sebelumnya. Namun dia mengakui, sesudah pemberitaan atas pernyataannya beredar ke publik, dia dihubungi dan diminta oleh Hanny Ruru untuk memberikan klarifikasi.

Akhirnya, kepada awak media lokal maupun nasional, dia pun meralat pernyataannya yang menyebut Ketua DPC Kota Bitung menerima uang US$7000 dan Rp30 juta.

Sebelumnya, dia mengaku telah menerima uang dari tim sukses Anas sebesar US$7000 dan Rp30 juta serta Blackberry Gemini.

"Pemberiannya bertahap. Pertama saya diberi Rp30 juta. Lalu yang kedua US$2000. Pemberian ketiga diberikan pada hari pemilihan, US$5000," ujar Diana.

Saat itu Diana mengatakan bahwa salah satu DPC yang mendapatkan uang dari tim sukses Anas adalah Ketua DPC Kota Bitung, Hanny Ruru.  "Kota Bitung, kami dapat bagian yang sama, uang Rp30 juta. Lalu, kedua US$2000 dan ketiga US$5.000," tuturnya.

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot
Jemaah haji Indonesia mendengarkan khutbah Subuh jelang wukuf.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Menurut Direktur Bina Haji PHU Arsad Hidayat, jemaah haji diminta tidak asal membagikan informasi yang beredar di media sosial yang belum jelas kebenarannya.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024