Eks Menteri PDT Incar Kursi Gubernur Riau

Lukman Edy
Sumber :
  • Antara/ Rosa Panggabean

VIVAnews - Mantan Menteri Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal, Lukman Edy, menyatakan siap maju dalam pemilihan gubernur Riau yang digelar tahun 2013. Mantan Sekjen Partai Kebangkitan Bangsa ini berjanji akan memajukan Riau.

"Saya siap bersaing dengan kandidat lainnya. Bukan hanya di Riau saja, di tingkat nasional saya sudah melakukannya," kata Lukman Edy, Kamis 16 Fabruari 2012.

Sebagai bentuk keseriusannya, mantan Sekjen DPP PKB itu sudah mendekati beberapa partai politik untuk dijadikan mesin politik. Termasuk juga beberapa nama sudah mencuat sebagai bakal calon wakil gubernur Riau yang akan mendampinginya. "Sekarang saya terus melakukan komunikasi politik dengan partai lain untuk berkoalisi," katanya.

Beberapa tokoh yang didekati itu antara lain Ketua DPD PDI Perjuangan Riau, Suryadi Khusayni dan mantan walikota Pekanbaru Herman Abdullah. Kedua nama tersebut sejauh ini masih mengamini jika ada kesepakatan untuk berpasangan dengan Lukman Edy.

"Saya siap saja berkoalisi dengan siapapun. Termasuk juga dengan Lukman Edy," kata mantan walikota Pekanbaru, Herman Abdullah kepada wartawan di Pekanbaru.

Di tempat lain, pengamat politik di Riau, Erman Muchtar menilai sosok Lukman Edy sangat tepat memimpin Riau. "Saya kira tipe dia lebih tepat memimpin Riau. Selain mempunyai pengalaman sebagai pejabat negara, kiprahnya sudah menasional. Dan ini bisa menjadi nilai tambah," katanya.

Akses yang dimiliki Lukman Edy di tingkat nasional, akan memudahkan Riau untuk bisa mendapatkan porsi anggaran dari APBN yang lebih besar. Termasuk juga peluang-peluang lainnya yang bisa membuat Riau lebih maju. (sj)

Terima Penghargaan Baeksang, Lee Do Hyun Disorakin Ucap Terima Kasih ke Lim Ji Yeon
Ketum Hipmi, Akbar Himawan Buchari

Hipmi Sebut Capaian Ekonomi Kuartal I Jadi Modal Baik Hadapi Tantangan Global

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) mengapresiasi pertumbuhan ekonomi kuartal I-2024 yang mencapai 5,11 persen.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024