Ketua DPR Marzuki Alie

“Pemilu Transaksional Picu Ketidakpercayaan”

Marzuki Alie Melapor ke KPK
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews – Ketua DPR Marzuki Alie mengingatkan bahaya maraknya transaksi politik uang dalam pemilu nasional maupun pemilukada. Menurutnya, pemilu transaksional semacam itu berpotensi memunculkan political distrust atau ketidakpercayaan masyarakat terhadap proses politik.

“Dalam konteks ini pemerintah dan perangkat lembaga negara dituntut untuk bersama-sama bersikap tegas dalam menegakkan hukum,” kata Marzuki usai rapat konsultasi pemimpin lembaga-lembaga negara soal Pemilu 2014 di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin 20 Februari 2012.

Pemilu transaksional, kata Marzuki, adalah paradoks dalam proses konsolidasi demokrasi di tanah air. Oleh karena itu, demi membangun demokrasi yang baik, Marzuki menekankan pentingnya etika dan perangkat undang-undang sebagai alat pendukung.

Sebelumnya, dalam rapat konsultasi itu, Marzuki meminta kesiapan Pemilu 2014 harus benar-benar dicek dan diperbaiki sistem kependudukan serta pendaftaran pemilihnya. “Sehingga tidak ada lagi kekisruhan yang mengurangi kualitas pelaksanaan pemilu,” ujar politisi Demokrat itu.

Marzuki berharap pemilu mendatang mampu menutup celah kekurangan pada Pemilu 2009, yaitu soal Daftar Pemilih Tetap. DPT Pemilu 2009 dinilai amburadul. Banyak pemilik yang tidak terdaftar, sementara di sisi lain banyak pemilih yang justru terdaftar ganda. Orang yang seharusnya tidak punya hak pilih, bahkan bisa ikut memilih. (umi)

Prediksi LaLiga: Real Madrid vs Athletic Bilbao
Ilustrasi pengendara mobil mengambil karcis parkir.

Terpopuler: Parkir Sebentar Ditagih Rp48 Juta, Alasan Honda BeAT Jadi Incaran Maling

Berita yang membahas soal parkir sebentar ditagih Rp48 juta dan alasan Honda BeAT jadi incaran maling, banyak sekali dibaca hingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
30 Maret 2024