Kubu Yusron Klaim Menangi Pilgub Babel

Pilkada Jatim
Sumber :
  • Antara/Saiful Bahri

VIVAnews - Kubu Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi  Bangka Belitung, Yusron Ihza dan  Yusroni Yazid mengklaim telah memenangkan pemilihan kepala daerah (Pilkada) provinsi baru tersebut.

Dari hasil perhitungan nyata (real count) yang dibuat kubu Yusron-Yusroni, pihaknya mengantongi suara sebesar 32,01 persen. Sementara 3 pesaing lain yaitu Eko Maulana Ali-Rustam Effendi mendapat suara 31,12 persen, Hudarni-Justiar 12,19 persen, dan Zulkarnaen-Darmansyah Husein 24,56 persen.

Perolehan tersebut berasal dari 67 persen suara yang masuk dari seluruh TPS di Bangka-Belitung pada jam 18.15 WIB Kamis sore hari.

"Angka ini diperkirakan tidak akan mengalami perubahan signifikan, karena suara yang masuk sudah mencapai 67 persen" kata Yusron dalam keterangan tertulis yang diterima VIVAnews.com, Kamis, 23 Februari 2012.

Pasangan Yusron-Yusroni mengklaim meraih kemenangan mutlak di tiga kabupaten yakni Bangka Barat (62 persen), Belitung (90 persen) dan Belitung Timur (89,6 persen). Yusron merupakan satu-satunya calon gubernur asal Pulau Belitung, sementara tiga lainnya berasal dari Pulau Bangka.

Kubu Yusron memperkirakan seluruh suara akan masuk pada jam 21.00 malam ini. Jumlah pemilih di Bangka Belitung sendiri memang relatif kecil yakni 872.102  pemilih yang terbagi ke dalam 2.523 tempat pemungutan suara.

Ahli hukum tatanegara yang hadir di Bangka, Dr Margarito Kamis menilai, angka 32 persen menurut undang-undang adalah angka kemenangan bagi salah satu pasangan calon dalam pemilihan gubernur yang diikuti oleh empat pasangan ini.

"Kalau angka ini tidak mengalami pergeseran lagi, pemilihan gubernur dan wakil gubernur Bangka Belitung dengan sendirinya akan selesai dalam satu putaran saja," kata dia.

AHY Cuti Demi Hadiri Penetapan Prabowo-Gibran Jadi Presiden dan Wapres RI
Emas Batangan.

Harga Emas Hari Ini 24 April 2024: Global dan Antam Kompak Anjlok

Harga emas internasional maupun produk Antam melemah pada perdagangan Rabu, 24 April 2024. Itu terjadi karena kekhawatiran akan eskalasi konflik Timur Tengah kian mereda.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024