Benny: Semua Partai Punya Konflik Kepentingan

Politisi Partai Demokrat, Benny K. Harman.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews -- Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat dari Fraksi Partai Demokrat, Benny K Harman, sempat ditolak memimpin rapat dengar pendapat antara Komisi III dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin kemarin. Alasannya, dia akan diminta bersaksi oleh KPK, dikhawatirkan ada konflik kepentingan.

"Hampir semua partai di Komisi III punya konflik kepentingan karena semua partai politik punya masalah," ungkapnya usai menghadiri Sidang Pleno Laporan Tahunan di Gedung MA, Jakarta, Selasa, 28 Februari 2012.

Benny menegaskan sampai saat ini dirinya belum mendapat surat panggilan dari Majelis Hakim Tipikor untuk menjadi saksi terkait kasus Wisma Atlet SEA Games.

"Yang punya kewenangan hukum untuk memanggil saksi adalah majelis hakim," jelasnya.

Menurutnya, tujuan dipanggilnya saksi di Pengadilan Tipikor itu harus jelas. Saksi merupakan orang yang mengetahui, mendengar, melihat, dan merasakan.

Meski demikian, Benny memilih diam ketika ditanya apakah bersedia menjadi saksi meringankan untuk Nazaruddin.

Ia juga menanggapi dengan santai, saat ditanya apakah penolakan kemarin termasuk pembunuhan karakter. "Itu biasa, itu kan dinamika politik saja. Biasa kami di dewan, apa yang nggak masalah," pungkasnya.

Penolakan terhadap Benny dilontarkan anggota Komisi III dari PDIP Sayed Muhammad Muliady. Namun Benny membantah ia sudah dipanggil sebagai saksi. Perdebatan pun terjadi di kalangan anggota komisi hukum.

Sementara, semua pimpinan KPK yang hadir dalam rapat tersebut tidak mau menanggapi perdebatan tersebut. Akhirnya, untuk mengakhiri perdebatan dan demi segera bisa memulai rapat, Benny mengatakan soal status dia menjadi saksi atau tidak biarlah menjadi urusan pengadilan, bukan DPR. Baca selengkapnya di sini. (ren)

Wajah Sering Kena Matahari Jangan Abaikan Penggunaan Moisturizer
Peristiwa serangan teroris di Gedung Teater dekat Moskow, Rusia

Death Toll Rises to 140 in Moscow Terrorism Attack

The Russian Health Ministry said the death toll from last week's attack on a Moscow concert hall rose to 140 on Wednesday, after another victim died in hospital.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024