Urutan Tiga Survei CSIS, Demokrat Konsolidasi

Diskusi Sahid : Hayono Isman
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews – Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat, Hayono Isman, mengatakan partainya akan berkonsolidasi menanggapi hasil survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) yang menunjukkan elektabilitas Demokrat berada di bawah Golkar dan PDIP.

Survei CSIS yang dilansir Rabu, 8 Agustus 2012, memperlihatkan Demokrat menempati peringkat ketiga dengan mengantongi 11,1 persen suara, di bawah Golkar yang berada di peringkat teratas dengan 18 persen suara, dan PDIP di peringkat kedua dengan 11,6 persen suara.

Hayono pun menyatakan, Demokrat melihat hasil survei CSIS itu sebagai masukan bagi partainya. “Hasil survei itu dinamis, untuk mengetahui sampai di mana kecenderungan dan kepercayaan publik terhadap partai politik atau calon presiden. Kami akan terus melakukan konsolidasi,” kata Hayono, Kamis 9 Agustus 2012.

Menurutnya, konsolidasi akan dilakukan Demokrat di semua jajaran, mulai tingkat Dewan Pimpinan Pusat Demokrat sampai anak ranting. “Khususnya dari aspek komunikasi dan pembinaan, karena pada akhirnya manajemen organisasi lah yang berperan meningkatkan kembali kepercayaan publik,” kata dia.

Bersih-bersih

Hayono juga menegaskan, Demokrat tetap teguh memberantas korupsi meski sejumlah kadernya ditetapkan Komisi Pemberantasan Korupsi sebagai tersangka. Politisi Demokrat terakhir yang menjadi tersangka adalah rekan Hayono di Dewan Pembina Demokrat, yaitu Siti Hartati Murdaya.

Hayono mengatakan, Demokrat tak akan menghalangi upaya KPK dalam memeriksa kader-kader Demokrat yang terlibat perkara hukum. “Tidak ada intervensi. Rakyat dapat melihat langsung bahwa Partai Demokrat konsisten dalam memberantas korupsi,” kata dia.

Ia pun menekankan, kampanye Demokrat pada pemilu lalu yang mengusung slogan ‘Katakan Tidak Pada Korupsi’ bukanlah omong kosong. “Itu diikuti dengan langkah-langkah yang konkrit dalam mendukung penuh KPK mengupayakan pemberantasan korupsi,” ujar Hayono. (umi)

Terpopuler: Mobil Pejabat Terkaya Versi LHKPN, Pemotor Emak-emak Berulah di Luar Negeri
Sersan Mayor KKO (Purn) Djoni Matius atau Djoni Liem (veteran)

Kisah Heroik Anggota TNI Keturunan Tionghoa Tak Bocorkan Rahasia Negara Meski Disiksa Musuh

Ada kisah menarik dari seorang prajurit elit TNI Angkatan Laut keturunan Tionghoa yang menjadi sorotan dalam konflik Indonesia dan Malaysia beberapa tahun silam.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024