Siap Ikut Pemilu, PDIP Tuntut Netralitas KPU

Sekjen PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo Saat Verifikasi Parpol di KPU Pusat
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Hari ini Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan secara resmi menyampaikan seluruh berkas pendaftaran sebagai peserta Pemilu 2014. Usai pendaftaran, Sekretaris Jenderal PDIP Tjahjo Kumolo menyampaikan harapan penyelenggaraan 2014 nanti lebih baik dari sebelumnya.

"Harapan dari PDIP, Pemilu dinyatakan demokratis apabila KPU-nya bisa menjaga netralitas dan bisa mengikuti semua amanat dan undang-undang yang ada," kata Tjahjo, Selasa 14 Agustus 2012.

Secara khusus, PDIP meminta sistem teknologi informasi KPU transparan dan terbuka kepada seluruh peserta Pemilu. "Daftar Pemilih Tetap Pemilu juga harus diumumkan secara objektif dan transparan sehingga peserta pemilu dan masyarakat yang mempunyai hak politik bisa menggunakan haknya dalam pemilu ini," kata Tjahjo.

PDIP menghendaki segenap aparatur intelijen negara untuk netral tidak mempunyai sikap membela parpol tertentu dan capres tertentu. "Komitmen TNI dan Polri harus bersikap netral, berdiri di atas semua parpol danĀ  capres dan cawapres," kata Tjahjo.

Sementara pemerintah diharapkan mendukung KPU melaksanakan pemilu secara jujur adil dan demokrasi. "Meminta kepada pemerintah melalui Menteri Dalam Negeri agar berbagai penyelenggaraan kekurangan di tahun 2009 khususnya Daftar Penduduk Potensial Pemilih tidak terjadi lagi, hal ini mengingat DPT dijadikan sebagai instrumen data yang jujur dan adil oleh kualitas DP4," ujar Tjahjo.

PDIP juga siap bekerjasama dengan kekuatan elemen masyarakat yang prodemokrasi, baik media, komite independen pemantau pemilu dan pihak-pihak lainnya untuk bisa mengawal tahapan pemilu legislatif guna meningkatkan kualitas pemilu. "Dengan demikian, penguatan Bawaslu agar dapat dijalankan fungsinya sebagai pengawas pemilu," kata Tjahjo. (eh)

Kembali Lagi ke Jakarta Setelah 5 Tahun, TVXQ: Akhirnya Bertemu Kembali
Nicole Shanahan

Meet Nicole Shanahan, VP Candidate of the United States

Independent presidential candidate Robert F. Kennedy Jr. named Silicon Valley attorney and entrepreneur Nicole Shanahan as his vice presidential pick at a campaign rally.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024