Komisi Hukum Tantang BW Sebut Oknum DPR Ingin Revisi UU KPK

I Gede Pasek Suardika (Demokrat)
Sumber :
  • Antara/ Yudhi Mahatma

VIVAnews - Ketua Komisi III bidang hukum DPR, Gede Pasek Swardika meminta Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto menyebut siapa segelintir oknum DPR yang ingin menggembosi kewenangan KPK melalui revisi undang-undangnya.

"Ya sebut aja namanya, kan bagus jadi enak, karenakan penegak hukum itu bukan LSM, jadi nuduh orang kan jelas, oh tersangkanya ini, jadi jelas," kata Pasek di Gedung DPR, Kamis 27 September 2012. "Baca juga prolegnas 2012 isinya apa aja, ketika dia fit and proper test dia baca nggak," lanjutnya.

Pasek kemudian mengatakan, pembuatan UU tergantung pada dinamika yang ada, tak semua ingin merevisi UU KPK tersebut. Tapi, kata Pasek revisi itu perlu pasalnya ada beberapa norma yang perlu penajaman.

Misalnya saja, soal dewan pengawas, siapa itu dan bagaimana hubungannya, perlu ada pembahasan lebih lanjut, selain itu ketika ada pergantian pemimpin di tengah jalan seperti Antasari Azhar yang digantikan Busyro Muqoddas.

Kemudian, mengenai penyidik yang dibentuk oleh KPK yang selama ini belum ada pada UU. "Kalau pengen memperkuat, taruhlah itu di UU, karena disanakan mengangkat (penyidik), bukan membentuk (penyidik)," kata dia.

Pasek mengatakan, revisi UU ini masih berada di prolegnas dan belum menjadi RUU. Nah, di sinilah, kata Pasek saatnya memberikan masukan terhadap revisi UU itu. "Ini masih embrio sekaranglah saatnya untuk memberikan masukan. Kalau belum apa-apa udah dicaci maki, ya kita ketawa juga," kata dia.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto menilai, revisi Undang-Undang KPK tidak seluruhnya keinginan legislator di Senayan. Menurutnya, usulan merevisi kewenangan superbody KPK hanya ulah . "Itu sebenarnya kemauan beberapa oknum di DPR saja. Bisa diliat beberapa orang yang gemar dan getol," kata Bambang di Jakarta, Rabu 26 September 2012.

Kemungkinan yang Bakal Terjadi Kalau Indonesia tak Dijajah
Donald Trump dan Karen

Kasus Uang Tutup Mulut Donald Trump Seret Nama Karen McDougal, Siapa Dia?

Proses persidangan kasus uang tutup mulut Donald Trump memasuki minggu ini, dua pengacara bersiap untuk menginterogasi para saksi. Salah satunya, ada nama Karen McDougal.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024