5 Oktober, Batas Pendaftaran Cagub Jabar Jalur Independen

Rekapitulasi Surat Suara Pilkada DKI Jakarta Putaran ke 2
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews – Komisi Pemilihan Umum Jawa Barat memberi tenggat waktu kepada para calon gubernur Jawa Barat dari jalur independen untuk mendaftar dan melengkapi berkas pendaftaran mereka sampai tanggal 5 Oktober 2012.

Batas waktu itu diberikan agar KPU Jabar segera melakukan verifikasi data faktual kepada para calon yang mendaftar melalui jalur independen. Sekretaris Kelompok Kerja KPU Jabar, Teppy Wawan Darmawan, mengatakan jika seluruh calon sudah melakukan pendaftaran dengan data verifikasi yang disesuaikan sebesar tiga persen, maka KPU akan segera melakukan verifikasi data faktual.

“Pendaftaran ditutup tanggal 5 Oktober. Jika melewati batas akan kami tolak, karena terhitung sejak tanggal 6 Oktober, selama 29 hari KPU akan mengecek data faktual mengenai syarat sah calon independen yang mendaftar,” ujar Teppy, Selasa 2 Oktober 2012.

KPU akan menyiapkan dua tempat alternatif untuk melengkapi kegiatan verifikasi faktual data pendukung, apabila jumlah calon yang mendaftar dari jalur independen lebih dari 3 pasangan. “Tapi jika prediksi pendaftar calon independen hanya dua, maka akan kami tempatkan beberapa berkas tersebut di lapangan yang ada di halaman KPU Jabar,” kata Teppy.

Nantinya jika calon lebih dari tiga pasang, maka KPU akan menggunakan lapangan Stadion Saparua untuk memverifikasi berkas para pendaftar calon independen itu. “Jika satu pasangan memiliki data faktual sekitar 1,5 juta KTP, dan pendaftar calon ada 6 pasang, bearti ada sekitar 9 juta data faktual. Maka kami butuh tempat yang bisa menampung anggota Pokja dalam melakukan verifikasi akhir,” ujar Teppy.

Sejumlah tokoh yang dikabarkan akan maju mendaftar dari jalur independen dalam Pilkada Jawa Barat 2013 yaitu Deddy Dores, Dedeng Yusuf Maulani, dan Endang Ilyas. Namun mereka belum mendatangi KPU Jabar di hari kedua pendaftaran cagub Jabar dari jalur independen itu.

Sejauh ini baru Kapolda Sumsel Irjen Pol Dikdik Arief Mansyur yang mendaftar sebagai cagub Jabar dari jalur independen. Kapolda Sumsel ini membawa serta pasangan cawagubnya, yakni Cecep Toyib yang merupakan mantan Sekda Kabupaten Indramayu peridoe Juni 2011-Februari 2012. (umi)

Selamat! Mpok Alpa Umumkan Hamil di Usia 37 Tahun
Anies hadiri acara penetapan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wakil Presiden Terpilih di KPU.

Partai-partai Pengusung Anies Sudah Sangat Cair dan Bisa Gabung Prabowo, Menurut Pengamat

Pakar komunikasi politik mengatakan kehadiran Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar ke KPU menyiratkan peluang parpol pengusungnya bergabung dengan koalisi pemerintah.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024