Pemilihan Gubernur Jabar

Pengunduran Diri Kapolda Sumsel Belum Dikabulkan Kapolri

Polisi Tahan Bibit dan Candra : Nanan Sukarna dan Dikdik Arif Mansyur (kanan)
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews – Kapolda Sumatera Selatan, Irjen Pol Dikdik Mulyana Arief Mansyur, sejak 2 Oktober 2012 resmi mengajukan pegunduran diri dari keanggotaan Polri kepada Kapolri Jenderal Pol Timur Pradopo karena ia hendak maju pada Pilkada Jawa Barat 2013 sebagai calon gubernur Jawa Barat.

Namun sampai saat ini, permohonan Dikdik untuk mengundurkan diri dari institusinya itu belum dikabulkan oleh Kapolri. “Kami masih menunggu kapan Surat Keputusan (pemberhentian Dikdik) dari Kapolri dikeluarkan. Saat ini Bapak Dikdik masih menjalankan tugas sebagai Kapolda Sumsel,” kata Juru Bicara Tim Sukses Dikdik, Dedin Nazarudin, kepada VIVAnews, Selasa 9 Oktober 2012.

Dikdik mendaftarkan diri sebagai calon gubernur Jawa Barat ke Komisi Pemilihan Umum Jawa Barat dari jalur independen. Ia menggandeng mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Indramayu, Cecep Nana Suryana Toyib, sebagai pasangannya. Pasangan Dikdik-Cecep itu telah menyerahkan dokumen verifikasi dukungan bakal calon independen gubernur Jabar ke KPU.

Tim sukses Dikdik-Cecep optimistis jagoan mereka bakal lolos tahapan verifikasi jumlah dukungan dan tahapan verifikasi faktual. “Karena kami sudah menyiapkan data dukungan sekitar 1,8 juta KTP dari 26 kota dan kabupaten di Jabar,” ujar Dedin.

Selain data dukungan yang sudah diserahkan ke KPU, tim sukses Dikdik juga tengah menyiapkan data tambahan. “Apabila KPU meminta data tambahan, yakni dua kali lipat dari kekurangan yang ditetapkan KPU, maka kami siapkan,” kata Dedin.

Secara terpisah, pengamat politik Universitas Katolik Parahyangan Bandung, Asep Warlan Yusuf, menilai pasangan Dikdik-Cecep berpotensi memecah-belah dukungan suara ke sejumlah calon gubernur Jawa Barat yang lain.

Dikdik patut diperhitungkan karena ia merupakan anggota Polri yang telah lama bertugas di daerah Jawa Barat sebelum diangkat menjadi Kapolda Sumatera Selatan.

Jokowi Datang Melayat ke Mooryati Soedibyo, Ikut Salat Jenazah

Dikdik juga berpotensi memecah dukungan suara dari keluarga Polri apabila Wakapolri Komjen Pol Nanan Sukarna jadi dicalonkan PDIP sebagai calon gubernur Jawa Barat. (umi)

Capres Nomor 03 Ganjar Pranowo di debat terakhir capres 2024

Tak Hadiri Penetapan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wapres Terpilih, Ganjar: Tidak Dapat Undangan

KPU menetapkan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menjadi Presiden dan Wapres terpilih hari ini.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024