Panja Listrik DPR Telusuri KKN Pengadaan Genset PLN

Pelantikan Dirut PLN
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews – Ketua Panitia Kerja Sektor Hulu Listrik Komisi VII DPR, Effendi MS Simbolon, menyatakan undangan yang dilayangkan pihaknya kepada Menteri BUMN Dahlan Iskan untuk membahas pemborosan PLN Rp37 triliun, adalah demi memperbaiki manajemen PT PLN.

“PT PLN harus kita selamatkan karena itu milik rakyat,” kata Simbolon, Selasa 30 Oktober 2012. Untuk itu Panja Listrik akan meminta klarifikasi mengenai sejumlah hal terkait PLN, misalnya prosedur dan cara pengadaan genset, serta apakah ada kemungkinan kolusi korupsi nepotisme di perusahaan negara itu.

Panja Listrik tidak hanya akan meminta keterangan dari Dahlan, tapi juga Kementerian ESDM, BP Migas, dan direksi PLN sendiri. Apabila Panja menemukan indikasi korupsi di tubuh PLN, ujar Simbolon, maka mereka akan meneruskannya ke lembaga berwenang untuk diproses secara hukum.

“Kalau terindikasi merugikan negara harus dipertanggungjawabkan. Maka kalau memang nanti ditemukan unsur korupsi, harus diteruskan ke penegakan hukum,” kata Simbolon.

Politisi PDIP itu menambahkan, hasil audit BPK soal pemborosan oleh PLN menguatkan temuan Panja Listrik soal kebocoran, dugaan korupsi, dan kacaunya pengelolaan PLN. Simbolon juga menyebut ada banyak intervensi pihak luar yang turut menambah carut-marut PLN.

Hasil audit BPK yang menemukan pemborosan sebesar Rp37 triliun di tubuh PLN pada tahun anggaran 2009/2010. Dahlan–yang pada tahun anggaran itu masih menjabat sebagai Direktur Utama PLN – mengaku siap bertanggung jawab atas hal tersebut.

“BPK tidak menganggap ini salah PLN. Tapi kalau dianggap salah, saya akan terima. Misalnya diadukan ke KPK dan saya dianggap salah lalu saya harus masuk penjara, saya akan jalani,” kata Dahlan beberapa waktu lalu.

Dahlan juga menyatakan, sesungguhnya , bukan belakangan ini saja. Oleh karena itu ia menyebut angka pemborosan temuan BPK bahkan terlalu kecil. “Seharusnya mungkin sampai Rp100 triliun karena itu sejak zaman Majapahit,” ujar Dahlan. (kd)

Safari Ramadan di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah 2.000 Paket Sembako
Yusril Ihza Mahendra dalam sidang lanjutan perselisihan hasil Pilpres 2024 di MK

Yusril Sebut Gugatan 03 Buat Adegium 'Vox Populi Vox Dei' Kehilangan Makna

Menurut Yusril, rakyat sebagai pemilih di Pilpres 2024 menentukan sendiri pasangan 02 Prabowo-Gibran.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024