Empat Provinsi Belum Laporkan DPT

VIVAnews-Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengungkapkan empat provinsi yakni Kalimantan Timur, Sumatera Selatan, Maluku Utara, dan Papua Barat hingga sore ini belum melaporkan data jumlah daftar pemilih tetap (DPT) terbaru. Persoalan teknis dituding sebagai penyebab dari keterlambatan tersebut.

"Kami sudah koordinasi dengan mereka dan diinstruksikan agar melaporkan data DPT terbaru pada senin, 20 Oktober 2008 mendatang," ujar Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Monitoring KPU Sri Nuryanti kepada wartawan di kantor KPU, Jakarta, Sabtu, Oktober 2008.

Seperti diketahui, KPU dan KPUD Provinsi selama dua hari sejak hari ini mengadakan rapat pleno di kantor KPU. Rapat membahas update data terbaru jumlah DPT, Daftar Calon Tetap (DCT), dan persiapan logistik menjelang Pemilu.

Sri mengungkapkan, hasil laporan sejumlah KPU Daerah (KPUD) Provinsi dan data Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk pemilih dalam negeri menunjukan jumlah sementara DPT mencapai 168.230.483 orang berasal dari 471 KPUD Kabupaten/Kota.

Sedangkan angka sementara DPT pemilih luar negeri mencapai 1.609.737 orang. Dengan demikian, total sementara DPT untuk Pemilu 2009 mencapai 169.840.220 pemilih.

Respons Albertina Ho Usai Dilaporkan ke Dewas oleh Pimpinan KPK

"Data ini sudah memasukan perhitungan DPS dari empat provinsi tadi.Kalaupun ada data terbaru dari mereka, penambahan atau pengurangannya tidak terlalu signifikan dari hasil," ungkap dia.

Pada bagian lain, Sri mengungkapkan, kedutaan besar dan Kepolisian Diraja Malaysia telah menjalin kerjasama untuk menyukseskan proses Pemilu di negara tersebut.

Salah satu kesepakatan adalah penambahan jumlah Panitia Pemungutan Suara (PPS) di sejumlah kilang dan perusahaan perkebunan setempat.

Alasan penambahan tersebut disebabkan jarak antara Kedutaan Besar RI maupun Konsulat Jenderal RI dengan lokasi pemilih terlampau jauh. "Dubes Malaysia meminta agar ada tempat pemungutan suara (TPS) keliling karena Pemilu di Malaysia dilaksanakan pada hari kerja," kata Sri.

Indonesia Jadi Penghasil Sugar Daddy Terbanyak ke-2 di Asia Tenggara
Anies Baswedan dan Presiden DPP PKS Ahmad Syaikhu.

PKS Bakal Sambangi Markas PKB Malam Ini, Bahas Apa?

Presiden terpilih Prabowo Subianto sudah mendatangi markas PKB pada Rabu kemarin.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024