Empat Parpol Gurem Gabung ke Demokrat

Kampanye terbuka Partai Demokrat di Yogyakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Saan Mustopa, mengungkapkan sedikitnya ada empat partai politik yang tak lolos verifikasi oleh Komisi Pemilihan Umum yang dimungkinkan bakal bergabung ke partainya.

Antara lain, Partai Barisan Nasional (Barnas), Partai Karya Perjuangan (Pakar Pangan), Partai Demokrasi Pembaruan (PDP), dan Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN).

Saan mengakui, pihaknya memang belum menjalin komunikasi dengan keempat parpol itu, karena masih memberikan kesempatan bagi mereka jika ingin menempuh jalur hukum atas penetapan 10 peserta Pemilu 2014. Namun, keempat parpol itu selama ini telah menjalin hubungan baik dengan Partai Demokrat.

"Misalnya, PDP. Secara kesejarahan mendukung kami di pemilu presiden 2009. PPRN juga," ujar Saan di kompleks MPR/DPR, Jakarta, Rabu, 9 Januari 2013.

Namun, Saan menjelaskan bahwa pada prinsipnya Partai Demokrat membuka diri bagi semua parpol. Kader-kader parpol itu pun diberi kesempatan yang sama dengan kader Demokrat untuk masuk menjadi calon anggota legislatif di tingkat daerah maupun pusat.

Sejauh ini, kata Sekretaris Fraksi Partai Demokrat DPR itu, sudah ada beberapa kader parpol di tingkat daerah yang secara lisan menyatakan ingin bergabung dengan Demokrat. Namun, mereka masih menanti kebijakan resmi parpol masing-masing di tingkat pengurus pusat.

"Misalnya, di Kepri (Kepulauan Riau) itu sudah ada yang menyatakan akan bergabung dengan kita, tapi mereka masih menunggu keputusan resmi di pusat," katanya.

Sekretaris Pakar Pangan, Jackson Kumaat mengatakan, pihaknya menyambut baik keputusan KPU soal peserta pemilu 2014. Dia bahkan mengajak semua partai yang tidak lolos pemilu untuk segera bergabung dengan 10 partai politik yang lolos.

"Saya sudah memperkirakan hasil verifikasi administrasi dan faktual KPU akan seperti ini. Mari kita bergabung dengan 10 parpol peserta pemilu untuk mendukung Pemilu 2014 lebih berkualitas," tuturnya.

Jackson mengatakan, keputusan bergabung dengan Demokrat sudah dilakukan sejak dua tahun lalu. Namun baru satu tahun ini resmi bergabung. 

Bahkan, dia bersama pengurus sudah membuat anggota dewan propinsi/kabupaten/kota se-Indonesia untuk menjadi 'pasukan cadangan' fresh dan siap memenangkan Demokrat di Pemilu 2014 mendatang. 

Ia menilai koalisi dilakukan karena Pakar Pangan dan Demokrat memiliki visi dan misi yang sama. Bahkan membuktikan SBY masih dicintai rakyat.

"Oleh karena itu kami memutuskan untuk bergabung dengan partai besar dan pilihan kami bersama Partai Demokrat," katanya.

Seperti diketahui, KPU mengumumkan hanya 10 partai politik yang lolos sebagai peserta pemilu. 10 parpol itu yakni, PDI Perjuangan, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Demokrat (PD), Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Nasional Demokrat (Nasdem).

Ada yang Aneh dengan Bocah Viral Tabrakkan Chery Omoda E5 di Dalam Mall
Kartu SIM atau SIM card.

eSIM Bagian dari Mengurangi Jejak Karbon

Telkomsel juga telah meluncurkan Embedded Subscriber Identity Module (eSIM) yang diharapkan dapat mengurangi limbah bekas cangkang kartu SIM.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024