Faisal Basri: Parpol di Indonesia Banyak Tapi Seragam

Pengumuman Verifikasi Parpol oleh KPU
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Mantan Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional, Faisal Basri, mengkritik keberadaan partai politik di Indonesia. Menurutnya, parpol jumlahnya banyak tapi sesungguhnya seragam. Keseragaman itu, kata dia, dapat dilihat dari tidak adanya ideologi yang kuat pada tiap-tiap parpol.

Tanpa adanya ideologi, menurut Faisal, semua parpol relatif sama sehingga tidak memiliki tujuan tertentu, kecuali hanya berorientasi pada kekuasaan. Organisasi parpol didirikan memang untuk merebut kekuasaan, lalu menggunakan kekuasan itu untuk kesejahteraan rakyat. Tetapi, parpol di Indonesia merebut kekuasaan hanya demi kekuasaan itu sendiri.

Karenanya, meski Indonesia negeri yang kaya sumber daya alam, kekayaan itu tidak dinikmati secara merata oleh rakyatnya. Para elite politik yang menjadi penyelenggara negara kurang memiliki orientasi pada pemerataan dan kesejahteraan rakyat sebagaimana diamanatkan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

"Perekonomian Indonesia juga terus tumbuh, tapi pertumbuhannya tidak merata. Orang kaya tambah banyak, orang miskin juga tambah banyak," katanya dalam sebuah diskusi yang digelar Yellow Forum For Young Leaders, di Jakarta.

Faisal mengaku keluar dari PAN karena partai itu pun tak memiliki ideologi sehingga program maupun misinya relatif sama dengan partai lain. "(PAN) hanya memiliki azas, yakni iman dan takwa," kata pengamat ekonomi dari Universitas Indonesia itu. (ren)

Apple Bagi-bagi Undangan
Pelatih PSS Sleman, Risto Vidakovic

Kata Pelatih PSS Soal Drama 3 Penalti dan Kartu Merah Saat Lawan Persik

Juara bertahan LavAni Allo Bank Electric menargetkan kembali menjadi juara Proliga musim 2024. Target juara ini jika bisa terwujud di Proliga 2024

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024