"Ide Pindahkan Ibu Kota Jangan Saat Banjir"

Cuaca Buruk Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Wacana pemindahan ibu kota negara kembali mencuat menyusul kejadian banjir yang melanda Jakarta dalam satu pekan terakhir. Selain karena banjir, Jakarta juga sudah terlalu padat dan semrawut.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Pramono Anung menyetujui ibu kota dipindahkan dari Jakarta. Namun, Pram berharap ide pemindahan ibu kota jangan hanya menjadi wacana ketika ribut masalah banjir dan macet.

"Selalu diributkan ketika jadi musibah banjir dan macet. Harusnya pemindahan ibu kota ini dipikirkan secara panjang dan dilakukan bersama-sama dengan pemerintah," kata Pramono di Gedung DPR, Senin 21 Januari 2013.

Pasalnya, kata Pram, banjir dan macet Jakarta sudah sangat parah sehingga mengganggu aktivitas pemerintahan. Misalnya, kata Pram, akbibat banjir pertemuan antara presiden dan pejabat penerintah negara lain gagal atau terlambat. "Inikan sangat serius," kata dia.

Pram mengatakan, lebih baik Jakarta hanya dijadikan sebagai pusat perdagangan dan industri saja seperti di Brazil. "Itu berhasil, dan itu justru ide dari Soekarno," ujar dia.

Hayono Tak Sepakat

Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat, Hayono Isman, menilai bahwa saat ini bukanlah saat tepat membicarakan pemindahan ibu kota. Menurut Hayono, pemerintah seharusnya masih bisa bertahan di ibu kota untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

"Sekarang kita sedang menghadapi masalah-masalah besar yang lain. Jadi pemindahan ibu kita jangan dipikirkan dulu untuk pemerintahan. Biarlah pemerintah fokus pada penanganan kemiskinan dulu dan penanganan banyak hal seperti pembangunan infrastruktur," ujar Hayono di Gedung DPR, Senin 21 Januari 2013.

Hal yang paling penting, kata Hayono, mental pegawai negeri yang harus ada perbaikan. Sehingga, bisa memberikan layanan publik yang baik untuk masyarakat.

Selain itu, kata Hayono, pemindahan ibu kota bukan permasalahan yang mudah misalnya saja, untuk mencari lokasi ibukota yang lebih baik khususnya bagi pemerintahan.

Drama Penalti Diulang Justin Hubner hingga Penalti Gagal Bikin Deg-degan Suporter Timnas
Anak kucing

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Merawat kucing menjadi tanggung jawab yang besar bagi setiap pemiliknya. Kesehatan dan kesejahteraan hewan peliharaan kita menjadi prioritas utama. Berikut ini tipsnya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024