Kasus Narkoba, Parpol Diminta Hati-hati Rekrut Artis Jadi Caleg

Raffi Ahmad
Sumber :
  • Heryu Nandiasa/ Vivanews

VIVAnews – Partai politik yang ingin merekrut artis sebagai bakal calon anggota legislatif pada Pemilu 2014 diminta untuk lebih berhati-hati. Ini menyusul adanya bakal caleg artis yang ditangkap Badan Narkotika Nasional, Minggu 27 Januari 2013, karena diduga tengah pesta narkoba di kediamannya.

“Parpol benar-benar harus ekstra hati-hati ketika menyalonkan artis sebagai caleg dalam Pemilu 2014,” kata Wakil Ketua MPR, Hajriyanto Y. Thohari, Senin 28 Januari 2013. Tak hanya artis, ia juga meminta parpol berhati-hati mencalonkan tokoh dari kalangan profesional yang akan direkrut sebagai caleg.

“Fakta menunjukkan pecandu narkoba di negeri ini begitu luas, bahkan sampai menembus kalangan anggota legislatif, yudikatif, eksekutif, kaum profesional, apalagi kalangan selebritis,” ujar Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar itu.

Namun bebas narkoba bukan satu-satunya kriteria seleksi caleg. “Jangan sampai bebas narkoba tetapi terseret korupsi. Kalau begitu ya sama saja,” kata Hajriyanto. Ia mengatakan, anggota DPR hasil Pemilu 2014 harus benar-benar bersih dari narkoba dan korupsi.

Jika ada anggota DPR yang di kemudian hari terjerat narkoba atau korupsi, maka partai politik menjadi pihak yang paling harus bertanggung jawab. “Karena parpol yang menominasikan nama-nama caleg. Bening dan kotornya caleg Pemilu 2014 tergantung sepenuhnya pada parpol,” ujar Hajriyanto.

Sebelumnya, Raffi Ahmad yang ditangkap BNN sempat diprospek Partai Amanat Nasional menjadi caleg. “Memang ada ketertarikan kami (pada Raffi), tapi masih belum final karena daftar caleg masih disusun,” kata Ketua Dewan Pimpinan Pusat PAN Bima Arya Sugiarto. (eh)

Kumpulan Ucapan Idul Fitri dari Klub Premier League dan Serie A
Ketua DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah

PDIP Isyaratkan Megawati Bertemu Prabowo Tunggu Hari Baik

Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarno Putro dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto santer diisukan bakal bertemu setelah Pemilu 2024.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024