Akbar: Golkar Melahirkan Banyak Capres Mumpuni

Akbar Tandjung
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar, Akbar Tanjung, menyebut partainya melahirkan banyak tokoh yang mumpuni sebagai calon presiden untuk pemilu presiden 2014. Mereka ada yang memimpin sejumlah partai politik yang diperhitungkan pada pentas politik nasional.

Akbar menyebut di antaranya, Aburizal Bakrie, sebagai Ketua Umum Partai Golkar, Surya Paloh, Ketua Umum Partai Nasdem, Prabowo Subianto, Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, dan Wiranto sebagai Ketua Dewan Pembina Partai Hanura.

"Itu semua karena pada waktu saya jadi ketua umum dulu, saya mengintroduksi konvensi. Hal itu melahirkan banyak tokoh nasional. Dengan demikian, Golkar melahirkan banyak tokoh layak jadi presiden," kata Akbar, kepada wartawan, saat menghadiri acara Penganugerahan The Rising Star: Men's Obsession 9 Young Leaders, di Jakarta, Senin, 28 Januari 2013.

Menurut Akbar, beberapa nama capres yaitu Wiranto, Prabowo Subianto dan Surya Paloh merupakan kader Golkar yang berbakat menjadi pemimpin. Mereka masih memiliki hubungan sejarah dan pengalaman dengan Golkar. Karenanya, Golkar dalam pemilu presiden 2014 memiliki empat orang sekaligus yang pernah berkecimpung dalam kepengurusan partai berlambang beringin itu. Tidak hanya sosok Aburizal Bakrie.

Namun, siapa yang dinilai paling pantas menjadi presiden nanti, Akbar menyerahkan sepenuhnya pilihan itu kepada masyarakat. "Secara politik kita menyerahkan semua pada konstituen mau pilih siapa: apakah itu Wiranto, Prabowo, Surya Paloh atau Ical, terserah pemilih," katanya.

Saat ini Golkar telah resmi mencalonkan Ketua Umumnya, Ical, sebagai capres. Menyusul Gerindra yang akan mengusung Prabowo Subianto. Sedangkan Hanura dalam waktu dekat akan mencapreskan Ketua Dewan Pembinanya, Wiranto. Ketua Umum Nasdem, Surya Paloh, juga diwacanakan partai baru itu menjadi capres potensial. (eh)

Cek Persiapan Akhir Layanan Jemaah Haji, Menag Bertolak ke Arab Saudi
Mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) usai menjalani sidang dakwaan

Kado Mewah SYL untuk Undangan Nikahan yang Pakai Dana Kementan, Ada Bros dan Cincin Emas

Mantan pejabat Kementerian Pertanian mengungkapkan Syahrul Yasin Limpo (SYL) turut memberikan kado undangan nikahan yang mewah berupa bros hingga cicin emas.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024