SBY Kumpulkan Ketua DPD Demokrat Se-Indonesia

SBY Dianugerahi Lifetime Achievement Award
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVAnews
Jokowi Launches Permanent Housing After Disaster in Central Sulawesi
- Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono, akan mengumpulkan pengurus Dewan Pimpinan Daerah 33 provinsi seluruh Indonesia. Pertemuan itu, akan dilakukan nanti malam, Minggu 10 Februari 2013 pukul 20.00 WIB.

Gandeng IDH.ID, KoinWorks Sediakan Layanan Pay Later bagi UMKM dan Ritel

"Hanya agenda rutin, konsolidasi dan silaturahmi organisasi," kata Ketua DPP Bidang Komunikasi Publik, Andi Nurpati, kepada
Jalan Salib Kolosal di Ruteng Ikut Dijaga Remaja Muslim, Ribuan Orang Menyaksikan
VIVAnews.

Menurut Andi, ini hanyalah agenda rutin saja. Pasalnya, SBY kerap mengumpulkan pengurus DPD, bupati, dan gubernur di seluruh Indonesia yang berasal dari Partai Demokrat. "Nanti malam mau melakukan konsolidasi organisasi DPD saja," ujar dia.


Menurut Andi, pertemuan yang dipimpin langsung oleh SBY itu juga akan disampaikan delapan solusi SBY terkait penyelamatan partai.


"Kemungkinan besar akan disampaikan lagi (delapan solusi selamatkan partai). Biasanya untuk menerjemahkan kebijakan itu kepada daerah. DPD dan DPC kan harus menandatangani pakta integritas," kata Andi.


Selain itu, kata Andi, SBY juga akan menyampaikan persyaratan perekrutan calon legislatif. Pasalnya, menurut Andi, sampai saat ini Demokrat belum membuka pendaftaran caleg.


"Beliau akan memberikan arahan, bagaimana syarat-syarat merekrut caleg. Kan pak SBY minta hati-hati memasukkan caleg, harus yang baik yang punya integritas," ujar dia.


Sebelumnya, dalam pertemuan seluruh Majelis Tinggi yang digelar pada Jumat 8 Februari 2013, menghasilkan delapan poin solusi untuk menyelamatkan Partai Demokrat.


Pertama, sebagai ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, SBY akan memimpin langsung penyelamatan dan konsolidasi untuk pembenahan partai yang dinilai dalam kondisi tidak berjalan baik.


Kedua, segala keputusan dan tindakan partai dijalankan Majelis Tinggi partai. Ketua Majelis Tinggi partai mengambil keputusan dan arahan penting dan strategis.


Ketiga, elemen-elemen partai, utamanya Fraksi DPR, DPP, DPD, DPC, berada dalam kendali dan bertanggung jawab langsung kepada majelis tinggi partai sesuai dengan hierarki dan konstitusi partai.


Empat, Majelis Tinggi partai melakukan penataan dan penertiban organisasi partai.


Lima, keputusan Majelis Tinggi mutlak diindahkan dan dijalankan. Bagi yang tidak menjalankan akan dikenakan sanksi organisasi yang tegas.


"Termasuk yang tidak nyaman dengan elektabilitas partai saat ini dan juga yang tidak suka dengan penanganan oleh Majelis Tinggi, kami persilakan meninggalkan partai dengan ucapan terima kasih dan posisi yang ditinggalkan akan diisi pejabat baru," kata SBY ketika itu.


Enam, penataan dan penertiban konsolidasi partai berakhir, setelah nama baik dan kondisi partai kembali pulih dan normal.


Tujuh, Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum, sementara akan diberikan kesempatan untuk lebih memfokuskan diri menghadapi dugaan masalah hukum di KPK. Dengan harapan keadilan benar-benar tegak, dan tim hukum Partai Demokrat siap memberikan bantuan hukum.


Delapan, dengan memohon pada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, Partai Demokrat akan melakukan penataan, penertiban, dan pembersihan partai dari unsur negatif, baru melakukan ikhtiar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya