Saan: Rapimnas PD Bukan Ajang Lengserkan Anas

Edhie Baskoro Yudhoyono dan Anas Urbaningrum
Sumber :
  • ANTARA/Sahrul Manda Tikupadang
VIVAnews
Dibintangi Yuki Kato dan Dion Wiyoko, Film Demi Si Buah Hati Hadirkan Cerita Menyentuh
- Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Saan Mustofa, menegaskan rapimnas yang akan diselengarakan esok hari mempunyai agenda mensolidkan kader dari segala ujian yang menerpa partai pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono tersebut.

3 Cara Menjual Uang Koin Rp1.000 Melati Biar Untung, Bisa Capai Rp100 Juta?

"Tidak ada agenda melengserkan Ketua Umum, yang pasti Rapimnas itu kan forum komunikasi partai yang sudah berjalan. Tentu di sana kita akan merumuskan langkah-langkah, strategi dalam menghadapi perjalanan politik kedepan," ujar Saan dalam diskusi di Warung Daun, Jakarta Pusat, Sabtu 16 Februari 2013.
Pj Gubernur NTB Diminta Jaga Netralitas ASN Jelang Pilkada 2024


Saan mencontohkan, salah satu poin penting dalam Rapimnas yakni membahas bagaimana mencegah trend elektabilitas Partai Demokrat agar tidak turun, lalu bagaimana PD bisa kembalikan elektabiltas seperti semula, serta bagaimana konsolidasi partai dari tingkat pusat ke daerah bisa berjalan dengan baik dan hasilnya bisa dirasakan publik.


"Rapimnas juga akan menyamakan perspektif para kader. Saya ibaratkan kader dan elit demokrat yang punya fokus dan tujuannya sama maka energinya muncul dan bisa menjadikan partai yang hebat," kata dia.


Tetapi, kalau sekarang perspektif yang berbeda dari masing-masing kader pasti hasilnya turun. Menurut Saan, yang sekarang terjadi adanya perspektif di masyarakat di dalam Partai Demokrat ada dua kubu.


Sementara itu, pengamat politik Hanta Yudha pada kesempatan yang sama berpendapat, jika hasil rapimnas nantinya tidak bisa diterka-terka.


Yang pasti akan terjadi titik tengah (kompromi) misalnya penyusunan daftar caleg sementara. Atau adanya kompetisi seperti sekarang saat ini. "Saya katakan pasti ada berebut pengaruh di dalam rapimnas besok," kata Hanta.


Dalam waktu jangka pendek, lanjut Hanta, harusnya SBY punya agenda supaya Demokrat tidak hanya 3 kali pemilu saja. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya