Demokrat Yakin Anggota DPR Hasil Pemilu 2014 Lebih Berkualitas

Ketua Komisi III DPR Gede Pasek Suardika
Sumber :
  • ANTARA/Wahyu Putro

VIVAnews - Ketua DPP Partai Demokrat, I Gede Pasek Suardika, meyakini bahwa anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) hasil Pemilu tahun 2014 akan lebih berkualitas dibanding hasil pemilu sebelumnya.

Terkuak 5 Kejadian yang Terjadi di Dunia Dikaitkan Ketakutan soal Kiamat

Alasannya, seleksi untuk calon anggota legislatif (caleg) pemilu 2014 akan lebih ketat, ditambah dengan jumlah partai peserta Pemilu yang lebih sedikit.

Pasek menjelaskan, dengan hanya 10 partai, tidak semua orang dapat dengan mudah menjadi caleg. Sebab, masing-masing partai akan melakukan seleksi untuk menentukan caleg yang benar-benar memenuhi syarat dan dinilai mumpuni. Sementara hanya ada 560 kursi DPR RI.

Berbeda pada pemilu sebelumnya yang diikuti lebih dari 30 partai. Peluang bagi setiap orang untuk menjadi caleg jauh lebih terbuka, karena pilihan partainya lebih banyak. Karena itu pula, seleksinya cenderung lebih longgar.

"Kalau dulu banyak caleg karbitan (baca: tanpa melalui proses seleksi). Nah, nanti, kalau di Pemilu 2014 kemungkinan seperti kecil, karena partai sudah melakukan seleksi ketat sampai benar-benar ditetapkan sebagai caleg," ujar Pasek, dalam diskusi di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Jumat, 22 Februari 2013.

Seleksi berikutnya ada pada proses Pemilu Legislatif-nya. Masing-masing caleg pilihan dari tiap-tiap partai akan berkompetisi memperebutkan simpati rakyat. Maka, dalam tahap ini, kualifikasi kapasitas, integritas dan popularitas seorang caleg akan diukur. Hanya yang memenuhi empat kriteria itu yang akan dipilih rakyat.

"Seorang caleg yang memiliki kapasitas dan integritas tapi tidak memiliki popularitas, maka elektabilitas (tingkat keterpilihan) kecil. Nah, di sini peran partai harus memainkan manajemen dapil untuk menempatkan caleg-calegnya di dapil yang sesuai yang memiliki peluang terpilih," kata Ketua Komisi III DPR RI itu.

Di Partai Demokrat, kata Pasek, proses penyusunan caleg DPR RI dilakukan oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP). Lalu, daftar caleg itu akan diseleksi oleh Majelis Tinggi yang di dalamnya juga terdiri dari unsur DPP.

Hingga kini sudah ada lebih dari 2.000 orang yang mendaftar ke Partai Demokrat untuk menjadi caleg DPR RI. DPP akan segera menyeleksinya dan kemudian diseleksi lagi oleh Majelis Tinggi.

"Semua partai, termasuk Partai Demokrat, pasti akan memaasang caleg yang berpeluang lolos (dipilih). Karena itu, pertimbangannya adalah selain kapasitas dan integritas, juga popularitas, elektabilitas dan kemandirian finansial. Kemandirian di sini maksudnya agar nanti anggota DPR itu jangan jadi semacam mata pencaharian," kata Pasek. (adi)

Dinsos Makassar razia dengan mengamankan manusia silver yang mengemis di Jalan Kota Makassar.

Gak Main-main, Manusia Silver di Makassar Bisa Raup Hingga Rp 8 Juta per Bulan

Dinsos Kota Makassar Sulawesi Selatan membeberkan temuannya terkait pengemis di Kota Daeng, salah satunya soal penghasilan manusia silver yang mencapai Rp8 juta per bulan

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024