Majelis Tinggi Demokrat Akan Bahas Pengganti Anas

Konpers PD di Cikeas
Sumber :
  • Biro Pers Istana Presiden/ Abror Rizki

VIVAnews - Majelis Tinggi Partai Demokrat segera membahas pengganti Anas Urbaningrum sebagai ketua umum. Setelah diumumkan sebagai tersangka, Anas menyatakan mundur dari jabatannya di partai penguasa itu.

Terpopuler: 5 Kota Berbiaya Hidup Termahal di Indonesia, hingga Profil Mooryati Soedibyo

"Nanti akan dibahas di Majelis Tinggi. Biar Majelis Tinggi yang memutuskan," kata Ketua Bidang Komunikasi DPP Partai Demokrat, Gede Pasek Suardika, saat ditemui di kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Sabtu 23 Februari 2013.

Menurut Pasek, ada beberapa opsi yang mungkin diambil Demokrat, di antaranya menunjuk Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum sampai ada kongres luar biasa (KLB) atau langsung menggelar KLB. "Atau mungkin juga diambil alih Majelis Tinggi," jelasnya.

Top Trending: 4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar

Dia menjelaskan pergantian ketua umum di Demokrat merupakan diskresi dari Majelis Tinggi. Partai Demokrat hanya memiliki Ketua Dewan Pembina karena tidak memiliki ketua umum lagi. "Ini diperbolehkan dalam keadaan tertentu."

Saat ditanya siapa saja calon pengganti Anas, Pasek meminta wartawan untuk menunggu. "Tunggu keputusan dari Majelis Tinggi," kata dia.

Terhitung hari ini, Partai Demokrat tidak memiliki ketua umum setelah Anas menyatakan mundur usai ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus Hambalang. KPK menduga Anas sebagai anggota DPR RI merancang dan menerima pemberian terkait pencairan anggaran proyek tersebut. Selain itu, KPK juga mencegah yang bersangkutan keluar negeri selama enam bulan, terhitung sejak Jumat 22 Februari 2013. (kd)

VIVA Militer: Rudal Balistik Jarak Menengah (MRBM) Kheibar Shekan militer Iran

Ternyata Ada Deretan negara Sekutu Iran yang Bentuknya Bukan Negara

Iran telah memutuskan untuk menegaskan komitmennya dalam membalas tindakan provokatif Israel. Mereka dapat meminta dukungan dari sekutu bersenjata di Timur Tengah ini

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024