Pohan: Tidak Masalah SBY Ketua Umum, Ibas Sekjen

presiden SBY nyoblos pilkada jabar
Sumber :
  • Biro Pers Istana Presiden/Abror Rizki

VIVAnews - Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Ramadhan Pohan tidak mempermasalahkan posisi Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas yang tetap menjabat Sekjen partai. Meski, Ketua Umum Demokrat yang baru terpilih adalah Susilo Bambang Yudhoyono, ayah Ibas sendiri.

"Kecuali kalau memang Mas Ibas mau mundur. Dan dia tidak pernah mengindikasikan mau mundur," kata Ramadhan di Gedung DPR, Senin 1 April 2013.

Dalam menjalankan tugas, kata Ramadhan, Ibas pun tidak bersama-sama dengan SBY. Sebab, yang melakukan tugas harian ketua umum adalah Ketua Pelaksana Harian, Syarif Hasan. "Mas Ibas tandem dengan Syarif."

Di sisi lain, Ramadhan mengungkapkan bahwa partainya tidak pernah ingin menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) di Bali, akhir Maret lalu. Dari KLB ini, Demokrat memilih SBY sebagai pengganti Anas yang mundur Februari lalu. 

7 Negara Paling Beragam di Asia, Indonesia Nomor Segini

"Kami tidak pernah membayangkan Anas Urbaningrum akan mundur. Kami tidak tahu. Itu terjadi begitu saja," ujarnya.

Tidak semua sepaham dengan penunjukkan SBY sebagai ketua umum ini. Salah satu yang tak setuju adalah Ketua DPP Partai Demokrat, Sutan Bhatoegana.

Dia menilai lebih baik SBY tidak menjadi ketua umum, karena akan mengganggu kinerjanya sebagai presiden. "Janganlah SBY jadi ketum, melukai hati rakyat," kata Sutan.

Februari-Maret 2024, Satgas PASTI Blokir 537 Pinjol Ilegal

Menurut Sutan, ketua umum baru wajib berada di kantor dan fokus memperbaiki Partai Demokrat. Sementara SBY adalah seorang presiden yang juga harus fokus mengurus rakyat.

Lagi pula, kata Sutan, tak mungkin SBY menjadi ketua umum tapi Sekretaris Jenderal-nya Edhie Baskoro Yudhoyono. Edhie Baskoro atau yang akrab disapa Ibas adalah putra bungsu Presiden SBY

"Apa kata dunia dan komentar mertua kalau SBY ketum dan sekjen Ibas. Macam nggak ada kader lain," kata dia. (eh)

Ketua Dewan Pertimbangan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Anindya Novyan Bakrie bertemu Sekretaris Jenderal Kadin Internasional (International Chamber of Commerce/ICC) John Denton, di Kantor Pusat ICC, Paris, Prancis.

Anindya Bakrie: Ekonomi RI Kuat Hadapi Krisis Timur Tengah

Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia Anindya Bakrie menegaskan kondisi fundamental perekonomian Indonesia cukup kuat menghadapi ancaman krisis timur tengah.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024