KPU: Pengumuman DPT Tak Akan Berubah

Ketua KPU Husni Kamil Manik mengecek Daftar Calon Tetap
Ketua KPU Husni Kamil Manik mengecek Daftar Calon Tetap
Sumber :
  • Antara/ Fanny Octavianus

VIVAnews - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Husni Kamil Manik, menegaskan tidak ada perubahan jadwal pengumuman daftar pemilih tetap (DPT) pada Senin, 4 November 2013. Menurut dia, KPU terus berusaha memperbaiki data yang ada.

"Penjadwalan tetap tidak ada perubahan. Kemarin itu yang diminta konsentrasinya adalah bagaimana supaya tiga lembaga, KPU, Bawaslu, dan Kemendagri, lebih mengoptimalkan kualitas data pemilh yang ada," ujar dia.

"Jadi, belum ada yang secara mendetail meminta untuk pengunduran itu," kata Husni saat ditemui di Gedung KPU, Jakarta, Jumat 1 November 2013.

Husni mengatakan, hari ini proses penetapan di kabupaten/kota sedang berlangsung dan sehari berikutnya posisinya sudah di provinsi. Setelah itu, lanjutnya, dalam waktu tiga hari ke depan, KPU akan terus berkoordinasi dengan Bawaslu.

"Setiap hari kami akan koordinasi dengan Bawaslu. Dengan Kemendagri rencananya tadi. Kami coba komunikasi bagaimana supaya besok bisa rapat koordinasi tiga pihak ini," ujarnya.

Terkait sekitar 10,4 juta daftar pemilih yang diduga tidak memiliki nomor induk kependudukan (NIK), Husni mengatakan, masih perlu dikonfirmasi lagi. Sebab, Kemendagri masih melakukan pemeriksaan untuk memastikan keakuratannya.

"Kami mendapat informasi beberapa lokasi tempat tinggal pemilih tersebut, mereka tinggalnya berkelompok seperti ada sebagaian di sekolah-sekolah yang menyediakan pondokan," katanya.

Kemudian di lembaga pemasyarakatan, karena KPU sudah mengirim surat ke Kemenkum HAM supaya diberi surat edaran ke lapas-lapas agar data yang diberikan itu tidak sekedar nama.