Atlet Menantang Politisi Kawakan di Jawa Tengah I

Kampanye PDIP di Semarang
Sumber :
  • ANTARA FOTO/R. Rekotomo

VIVAnews - Jawa Tengah berbatasan dengan Provinsi Jawa Barat di sebelah barat, Samudra Hindia dan Daerah Istimewa Yogyakarta di sebelah selatan, Jawa Timur di sebelah timur, dan Laut Jawa di sebelah utara. Luas wilayahnya 34.548 kmĀ².

Jawa Tengah pada pemilu 2014 yang tinggal menghitung hari ini dibagi menjadi sepuluh daerah pemilihan. Kabupaten dan Kota yang berada di Jawa Tengah terbagi dalam masing-masing sepuluh dapil.

Jawa Tengah I menjadi dapil pertama dari Provinsi Jawa Tengah, dapil ini meliputi Kabupaten Semarang, Kabupaten Kendal, Kota Salatiga, dan Kota Semarang

Caleg yang menghiasi dapil ini juga beragam latar belakangnya. Runner Up dari ajang Miss Indonesia tahun 2005, Joice Triatman menjadi caleg yang mewakili Partai Nasdem di daerah pemilihan Jawa Tengah I ini. Politisi senior PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo, mantan petenis Indonesia Yayuk Basuki, dan penyanyi Jamal Mirdad juga menghiasi daftar caleg di dapil Jawa Tengah I ini.

Berikut adalah profil dari beberapa caleg yang memperebutkan delapan kursi DPR RI dari dapil Jawa Tengah I:

1. Joice Triatman

Nama Joice Triatman lebih dikenal masyarakat luas sebagai Runner Up dari ajang Miss Indonesia tahun 2005. Lahir di Semarang 2 April 1980, Joice telah menjadi ibu dari satu orang anak hasil pernikahannya dengan Yoga Praditya Simson. Pendidikan dasar sampai SMA ditempuh oleh Joice Triatman di kota kelahirannya yaitu Semarang, ia kemudian melanjutkannya ke bangku kuliah dengan mengambil jurusan Matematika di Universitas Parahyangan Bandung.

Di bangku sekolah, Joice aktif berorganisasi, ia menjadi OSIS baik di SMP maupun di SMA, di tahun 2010 Joice dipercaya menjadi Humas Ormas Nasdem sampai dengan tahun 2012. Di Partai Nasdem tempat ia bernaung, ia menjadi Wakil Bendahara Umum pada tahun 2013.

YouTube Luncurkan sebuah Serial Dokumenter 5 bagian berjudul “Seribu Kartini”

Profesi yang digeluti oleh Joice Triatman adalah presenter dan bintang iklan, ia pernah menjadi presenter di Metro TV, presenter news di RCTI, dan presenter di QTV. Selain itu Joice juga pernah menjadi manajer public relation di Financial Wealth. Maju sebagai caleg di dapil Jawa Tengah I, Joice menggunakan nomor urut 3 dan memilih Partai Nasdem sebagai kendaraan politiknya.

2. H. Alamudin Dimyati Rois

Alamudin Dimyati Rois adalah Anggota DPR periode 2009-2014 yang kembali mencalonkan dirinya sebagai caleg di pemilu 9 April mendatang. Ia mewakili PKB di daerah pemilihan Jawa Tengah I dan mendapatkan nomor urut 1. AlamudinĀ  lahir tanggal 26 Desember 1980 di Kendal, di tahun 1999 ia sudah menjadi Wakil Ketua DKW Garda Bangsa Jawa Tengah.

Di Tahun 2012 ia menjabat sebagai Anggota DKN Garda Bangsa, dan di tahun 2013 ia menjadi Sekretaris Dewan Syuro PKB Jawa Tengah. Duduk sebagai anggota parlemen, Alamudin menjadi Anggota Komisi IX DPR RI. Petahana Alamudin akan diuji dalam pemilu nanti, akankah terpilih lagi atau kursi yang sedang ia duduki sekarang ini akan direbut oleh caleg-caleg lain yang bertarung di dapil Jawa Tengah I ini.

3. H. Zuber Safawi, SHI

Ayah dari enam orang anak ini adalah politisi asal PKS yang tengah duduk sebagai Anggota DPR periode 2009-2014. Dunia pemerintahan bukan suatu hal yang baru baginya ia pernah menjadi Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah tepat sebelum ia menjadi Anggota DPR yaitu periode 2004-2009.

Zuber Safawi sebelum berkiprah di dunia politik, lebih memilih untuk berperan dalam dunia pendidikan. Ia menjadi staf pengajar PGPQ Raudhotul Mujawwidin Kota Semarang, juga menjadi guru SD dan SMP. Lulusan Fakultas Syariah Unissula Semarang ini pernah menjadi Ketua Pelajar Islam Indonesia (PII) Jawa Tengah (1984-1988), dan Ketua Senat Mahasiswa Unissula (1986-1988), sedangkan di PKS di tahun 1999-2003 ia menjabat sebagai Ketua DPW PK Jawa Tengah , Ketua Departemen Wilayah Dakwah Jawa Tengah-Yogyakarta, dan Anggota Majelis Syuro PKS. Zuber Safawi kembali dicalonkan oleh PKS di dapil Jawa Tengah I dengan nomor urut 1.

4. Tjahjo Kumolo, SH

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan periode 2010 sampai 2015 ini telah menjadi Anggota DPR sejak tahun 1987 dan sampai sekarang masih menjadi Anggota DPR RI. Dalam perjalanannya menjadi Anggota DPR, Tjahjo pernah berada dalam Komisi I, II, dan IX DPR RI pada komisi-komisi tersebut ia menjadi Anggota.

Organisasi di luar PDI Perjuangan, Tjahjo pernah menjadi Sekjen KNPI, Ketua Umum DPP KNPI, Dewan Pertimbangan Pusat PPM, Anggota Technical AADV-IDF Grant Bapenas RI, Anggota Pengurus Dewan Film Nasional, Anggota Pengurus DHN Angkatan 45 dan Anggota Tim Komponen Terbuka Wanhamkamnas. Di PDI Perjuangan, sejumlah jabatan juga pernah diembannya seperti Direktur SDM Litbang DPP PDI Perjuangan, Ketua BP Pemilu DPP PDI Perjuangan, dan Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Politik sejak tahun 2005 dan sampai sekarang masih ia yang menjabatnya. Lulusan Fakultas Hukum Universitas Diponegoro Semarang ini kembali menjadi caleg mewakili PDI Perjuangan di dapil Jawa Tengah I dengan nomor urut 4.

5. Drs HA Mujib Rohmat

Pria yang dilahirkan di Semarang, 21 November 1960, ini merupakan Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar. Menamatkan sekolah menengah di Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, Mujib lalu meneruskan kuliah ke Perguruan Tinggi Ilmu Al Quran, Jakarta, yang diselesaikan tahun 1988 lalu. Tahun 2002-2009, Mujib menjadi Sekretaris Jenderal Angkatan Muda Partai Golkar, lalu 2009-2015 menjadi Wakil Sekjen Golkar. Selain itu, Mujib juga duduk di Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor sebagai Dewan Penasihat. Tahun 2007, Mujib jadi pengganti antarwaktu anggota DPR sampai 2009. Kini Mujib mencalonkan diri sebagai calon nomor urut 1 dari daerah pemilihan Jawa Tengah I.

6. Jamal Mirdad

Jamal Mirdad lahir di Kudus 7 Mei 1960, masyarakat mengenalnya sebagai penyanyi senior Indonesia. Tidak hanya dunia musik, bersama Lydia Kandao Jamal Mirdad merambah ke dunai perfilman, film yang terkenal ia bintangi adalah Ramadan dan Ramona. Ini adalah kedua kalinya Jamal Mirdad maju sebagai caleg dari Partai Gerindra, di Pemilu 2009 Jamal Mirdad berhasil menjadi Anggota DPR dan duduk sebagai Anggota Komisi X DPR RI. Sekarang dengan bekal pengalamannya selama satu periode menjadi Anggota DPR dan ketenarannya sebagai publik figur Jamal Mirdad berusaha mempertahankan kursinya dengan kembali bertarung di daerah pemilihan Jawa Tengah I dengan nomor urut 1.

7. Ir. Agus Hermanto, MM

Menjadi caleg pada tahun 2004, membuat Agus Hermanto berhenti dari pekerjaannya sebagai Kepala Subbidang Prasarana Perlindungan Konsumen pada Puslitbang PDN-BPPIP Departemen Perindustrian dan Perdagangan yang sudah ia jabat sejak tahun 1989. Untungnya adik Hadi Utomo, mantan Ketua Umum Partai Demokrat itu, berhasil melaju ke Senayan dan menjadi Wakil Ketua Komisi VI dan menjadi Ketua Fraksi Partai Demokrat MPR RI.

Di pemilu berikutnya ia kembali berhasil memenangkan dapil Jawa Tengah I dan saat ini ia menjadi Ketua Komisi X DPR RI. sebagai Lulusan ISTN Jakarta jurusan Teknik Elektro, Agus Hermanto sempat bekerja sebagai Teknisi Lapangan, Asisten Technical Manager di beberapa perusahaan yang ada di Indonesia.

Di Partai Demokrat, Agus menjabat sebagai Ketua DPP Partai Demokrat Bidang Hubungan Luar Negeri dan Antar Lembaga di tahun 2003 sampai 2010, dan saat ini jabatan yang diembannya adalah Ketua Komisi Pemenangan Pemilu DPP Partai Demokrat sejak tahun 2010 lalu. Penerima penghargaan Satya Lencana karya Satya 10 Tahun ini menjadi caleg incumbent yang kembali maju di dapil Jawa Tengah I, ia mewakili Partai Demokrat dan mendapatkan nomor urut 1.

8. Yayuk Basuki

Namanya pasti dikenal oleh orang banyak sebagai petenis andalan Indonesia di era 1990-an. Yayuk Basuki lahir di Yogyakarta 43 tahun lalu, memulai karier profesional pada tahun 1990. Pada tahun berikutnya, ia menjadi petenis Indonesia pertama yang menjuarai turnamen profesional.

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Sepanjang kariernya, Yayuk berhasil memperoleh enam gelar tunggal Tur WTA dan sembilan gelar dari ganda. Prestasi terbaiknya dalam turnamen Grand Slam adalah mencapai babak perempat final Wimbledon pada tahun 1997, selain itu meraih medali emas cabang olahraga tenis di Asian Games Bangkok pada tahun 1998. Yayuk juga menjadi juara di nomor ganda pada ajang Canadia Open tahun 1997.

Ia pensiun dari karier profesional pada tahun 2004, setelah pensiun Yayuk menjadi pelatih tenis profesional, Tim Monitoring Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga serta menjadi Coach Commision di International Tennis Federation (ITF).

Direktur Indonesian Olympain Asociation (IOA) ini mencoba peruntungannya di dunia politik dengan mencalonkan dirinya untuk menjadi calon anggota legislatif dari daerah pemilihan Jawa Tengah I melalui Partai Amanat Nasional, Yayuk mendapatkan nomor urut 1.

9. Drs. H. Machmud Yunus

Caleg incumbent asal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini mendapatkan nomor urut 1 di dapil Jawa Tengah I. Machmud Yunus sebelum menjadi Anggota DPR periode 2009-2014 adalah seorang pengusaha, ia menjadi Direktur Utama di beberapa perusahaan seperti PT. Loji Griya Sarana dan PT. Citra Guna Sakti, ia juga menjadi Komisaris Utama PT. Yusrian Tanjung Sakti.

Kuliah di IAIN Sunan Kalijaga, Machmud Yunus menjadi Anggota PMII fakultas Ushuliudin IAIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, kemudian setelah lulus ia menjadi Anggota PP GP Ansor dan di PP GP Ansor ini ia pernah menjadi Wakil Bendahara, Wakil Sekjen, dan Bendahara Umum. Pendidikan yang ditempuh oleh Machmud Yunus adalah SDN Panjang 1 Ambarawa, SMP Islam Ambarawa, SMA Islam Sudirman Ambarawa, dan IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Laporan Meisyanti Hutagaol

Bakal Ada Adegan Ranjang Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won di Queen of Tears?

(ren)

Ketua Umum PSSI Erick Thohir

Ditanya Kontrak STY, Erick Thohir Sebut Sepakbola Indonesia di Jalur yang Tepat

Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI kembali mendapat pertanyaan mengenai masa depan pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Sampai sekarang belum ada kejelasan.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024