Penjelasan UMY Soal Pengajian Diikuti Hatta Rajasa

Hatta Rajasa di salah satu ponpes di Bekasi, 7 Juni 2014.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVAnews – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) membantah memfasilitasi Hatta Rajasa untuk berkampanye pada acara zikir dan pengajian akbar di Sportorium UMY, Rabu malam 25 Juni 2014.

Kepala Biro Humas dan Protokol UMY, Ratih Herningtyas, mengatakan UMY sama sekali tidak tahu jika pengajian akbar itu dimanfaatkan untuk kampanye salah satu cawapres dan tim suksesnya.

“Izin penggunaan tempat sesuai pengajuan dari panitia pengajian adalah hanya untuk pengajian yang akan dihadiri oleh Bapak Amien Rais, Hanafi Rais, dan Gus Miftah,” kata Ratih, Kamis 26 Juni 2014.

Menurutnya, surat izin pengajian akbar tersebut diajukan oleh sekretaris pribadi Amien Rais, Paryanto, kepada manajemen Sportorium UMY.

“Dalam klausal surat izin itu tidak ada kata-kata ‘kampanye’, hanya pengajian. Pihak peminjam tempat sebagai pihak pertama bertanggung jawab moral dan material jika terjadi sesuatu hal saat acara berlangsung,” ujar Ratih.

Ratih menyatakan, Badan Pengawas Pemilu DIY juga telah melakukan klarifikasi terkait acara tersebut kepada pimpinan kampus UMY. UMY pun telah menunjukkan surat pengajuan peminjaman Sportorium untuk kegiatan pengajian.

“Jadi masalah itu sudah clear karena Bawaslu telah melakukan klarifikasi. Saya tak menyangka Pak Hatta datang ke acara pengajian itu. Pikir saya kemudian, wah ini pasti kampanye,” kata Ratih.

Sebagai institusi pendidikan, UMY netral dan tidak berpihak kepada calon manapun. Selanjutnya UMY akan lebih selektif terhadap pihak-pihak yang ingin menyewa gedung di lingkungan kampus mereka. Terlebih kampus harus tetap netral pada masa kampanye Pilpres.

“Jangan sampai justru kami yang disudutkan karena dinilai tidak netral,” ujar Ratih.

Sebelumnya, tim Joko Widodo mempersoalkan penyampaian visi dan misi oleh Hatta Rajasa di tengah acara pengajian akbar yang digelar di Sportorium UMY itu.

Jasad Wanita Open BO yang Dibunuh Hanyut Dibuang di Kali Bekasi Hingga ke Pulau Pari

Selain karena lokasinya di kampus dan acaranya yang dibalut zikir, Hatta dianggap melanggar aturan kampanye karena berkampanye pada malam hari, lewat dari jam yang telah ditentukan KPU, yakni pukul 08.00-17.00 WIB.

ilustrasi kelopak mata

Jangan Asal Pilih Lensa Kontak, Bisa Sebabkan 5 Masalah Serius Ini

Pakai lensa kontak dapat memberikan kenyamanan bagi para pengguna seperti lebih ringan dan jarak pandang lebih luas.  Namun pemilihan lensa kontak yang salah bisa iritasi

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024