'90 Persen Kader Demokrat Dukung SBY Jadi Ketua Umum Lagi'

Presiden Jokowi saat menerima kunjungan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo

VIVAnews - Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Hermanto, menuturkan jika Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meraih dukungan maksimal dari pemilik suara pada Kongres IV Partai Demokrat nanti. SBY kabarnya menjadi calon kuat untuk memimpin kembali partai berlambang mercy itu.

"Dari aspirasi kader di daerah yang sudah saya kunjungi, semua suara kader mengarah, menginginkan kembali beliau (SBY) memimpin Partai Demokrat," kata Agus usai rapat tertutup di Kantor Demokrat Bali, Renon, Denpasar, Sabtu 10 Januari 2015.

Menurut dia, aspirasi kader daerah kepada SBY mencapai 90 persen. "Kira-kira 90 persen. Memang saya belum ke semua daerah, tapi kira-kira begitu aspirasinya," ujar dia.

Sementara itu, pada Kongres nanti, Agus melanjutkan, jika salah satu kandidat meraup dukungan di atas 80 persen, maka dapat dipastikan akan dipilih secara aklamasi. Dengan demikian, dapat dipastikan Kongres Demokrat ke-IV mendatang akan menetapkan SBY secara aklamasi.

"Tapi meskipun aklamasi, bukan aklamasi yang direkayasa, melainkan aspirasi dari kader di tingkat bawah. Aspirasi mereka yang memiliki hak suara," kata dia.

Pada saat sama, Agus membantah jika upaya aklamasi itu menutup peluang bagi kandidat lain yang akan maju menyaingi SBY. "Siapa yang menutup, tidak ada. Yang mau maju silakan, tapi kalau tidak dapat dukungan ya jangan marah," kata Agus.

Belasan Desa di Luwu Terisolasi akibat Banjir dan Longsor, BNPB Kerahkan Helikopter dan Pesawat

Baca juga:

Pertemuan Prabowo Subianto dengan Surya Paloh Nasdem

Pengamat Ingatkan Prabowo Bahaya Politik Merangkul yang Kebablasan

Pendiri Haidar Alwi Intitute (HAI) mengingatkan Presiden terpilih Prabowo Subianto untuk tidak kebablasan dalam merangkul lawan politik masuk dalam koalisi.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024